LPDP: Veronica Koman Kembali ke Indonesia Saat Belum Lulus

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 09:17 WIB
Tolak Intervensi Asing, Polisi Segera Tetapkan Status DPO Veronica Koman
Veronica Koman (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Veronica Koman Liau mengaku telah kembali ke Indonesia setelah lulus kuliah pada 2018 untuk mendampingi aktivis Papua. Pihak Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membantah pernyataan tersebut.

"Kembalinya VKL ke Indonesia pada 2018 adalah saat VKL belum lulus dari studinya sehingga kepulangan VKL ke Indonesia bukan dalam status yang bersangkutan sebagai alumni, namun sebagai awardee on going dan tidak dapat dianggap kembali ke Indonesia dalam konteks pemenuhan kewajiban alumni," demikian keterangan resmi dari LPDP yang diterima detikcom, Rabu (13/8/2020).

Veronica Koman saat ini berada di Sydney, Australia. Dia berstatus tersangka dalam kasus provokasi Papua di Surabaya pada 2019.

Untuk diketahui, LPDP meminta Veronica Koman mengembalikan dana beasiswa sebesar Rp 773 juta. Veronica Koman dianggap tidak memenuhi kewajibannya kembali ke Indonesia setelah lulus dari pendidikannya di luar negeri.

LPDP menyebut Veronica Koman lulus pada Juli 2019. Veronica Koman baru melaporkan kelulusannya dua bulan berselang.

"VKL lulus pada Juli 2019 dan baru melaporkan kelulusan pada aplikasi sistem monitoring dan evaluasi LPDP pada tanggal 23 September 2019, namun belum disampaikan secara lengkap," jelasnya.

Setelah lulus dari pendidikan di luar negeri, Veronica Koman tak kunjung kembali ke Tanah Air dan dianggap tidak memenuhi kontrak. LPDP lalu memberikan peringatan hingga penagihan dana beasiswa terhadap Veronica Koman.

"Setelah menjadi alumni, VKL tidak memenuhi kewajibannya kembali dan berkarya di Indonesia. Terhadap hal ini, LPDP melakukan proses pemberian peringatan sampai penagihan," demikian keterangan LPDP.

"Pada tanggal 24 Oktober 2019, telah diterbitkan Surat Keputusan Direktur Utama tentang Sanksi Pengembalian Dana Beasiswa LPDP sebesar Rp 773.876.918," lanjutnya.

Tonton juga video 'Polisi Buru Veronica Koman Tersangka Provokasi Asrama Papua':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2