LPDP Tegaskan Sanksi Kembalikan Beasiswa Bukan Hanya untuk Veronica Koman

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 17:55 WIB
Ini yang Baru dari Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018
Logo LPDP (dok. LPDP)
Jakarta -

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meminta Veronica Koman mengembalikan dana beasiswa yang didapat karena menolak kembali ke Indonesia. LPDP menegaskan sanksi ini tak hanya berlaku pada Veronica Koman.

Informasi terkait permintaan pengembalian beasiswa ini mulanya dipaparkan Veronica Koman lewat Facebook. Saat dikonfirmasi, Dirut LPDP Rionald Silaban membenarkan soal tuntutan pengembalian dana beasiswa Veronica Koman tersebut. Tuntutan ini muncul karena Vero tidak kembali ke Indonesia.

"Betul bahwa LPDP meminta Veronica Koman Liau untuk mengembalikan seluruh dana beasiswa yang sudah kami keluarkan, karena dalam kontrak beasiswa LPDP, penerima beasiswa LPDP yang berkuliah di LN harus kembali ke Indonesia setelah selesai studi," kata Rionald saat dihubungi detikcom, Selasa (11/8/2020).

Rionald menegaskan aturan yang sama juga berlaku kepada semua mahasiswa yang menolak kembali ke Indonesia. "Ya, jika tidak kembali, semua mahasiswa akan dikenakan tuntutan yang sama," tegasnya.

Rionald menjelaskan bahwa sanksi pengembalian dana beasiswa ini sudah pernah dikenakan kepada mahasiswa lainnya.

Rionald juga mengatakan pihaknya telah melakukan proses pemanggilan terhadap Veronica Koman. Namun, Vero menolak kembali ke Indonesia.

"Kami telah melalui serangkaian proses pemanggilan Saudari Veronica Koman Liau untuk mengingatkan kewajiban tersebut, dan yang bersangkutan menolak untuk kembali ke Indonesia," tuturnya.

Veronica Koman saat ini berada di Sidney, Australia. Dia berstatus tersangka dalam kasus provokasi Papua di Surabaya pada 2019.