LPDP Jelaskan Kronologi Tagihan Beasiswa Veronica Koman

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 08:23 WIB
Ini yang Baru dari Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018
LPDP Jelaskan Kronologi Tagihan Beasiswa Veronica Koman (Foto: dok.)
Jakarta -

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menjelaskan kronologi soal tagihan pengembalian dana pendidikan Veronica Koman Liau. Pihak LPDP membantah pernyataan Veronica Koman yang menyebut telah kembali ke Indonesia pada tahun 2018 untuk mendampingi aktivis Papua.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Rabu (12/8/2020), LPDP menyebut Veronica Koman lulus pada Juli 2019 dan baru melaporkan kelulusannya dua bulan berselang. Karena itulah, LPDP memberikan peringatan hingga penagihan karena Veronica Koman dianggap tidak memenuhi kewajibannya.

Veronica Koman pun disebut mengajukan metode pengembalian dana dengan 12 kali cicilan. Veronica Koman belum melanjutkan cicilan pengembalian dana beasiswa hingga terbit surat penagihan terakhir.

Berikut ini kronologi penagihan terhadap Veronica Koman yang dijelaskan LPDP:

2018

Veronica Koman mengaku telah kembali ke Indonesia usai lulus untuk mendampingi aktivis Papua. LPDP pun membantahnya.

"VKL menginformasikan bahwa sempat kembali ke Indonesia di tahun 2018 untuk mendampingi aksi para mahasiswa Papua di Surabaya, namun kemudian kembali lagi ke Australia," jelas LPDP.

"Kembalinya VKL ke Indonesia pada 2018 adalah saat VKL belum lulus dari studinya sehingga kepulangan VKL ke Indonesia bukan dalam status yang bersangkutan sebagai alumni, namun sebagai awardee on going dan tidak dapat dianggap kembali ke Indonesia dalam konteks pemenuhan kewajiban alumni," sambungnya.

Juli 2019

Veronica Koman lulus dari Australian National University

September 2019

Veronica Koman disebut baru melaporkan kelulusannya pada 23 September setelah lulus pada Juli 2019. Pihak LPDP pun memberikan peringatan dan penagihan karena Veronica Koman dianggap tidak memenuhi kewajibannya.

"VKL lulus pada Juli 2019 dan baru melaporkan kelulusan pada aplikasi sistem monitoring dan evaluasi LPDP pada tanggal 23 September 2019 namun belum disampaikan secara lengkap. Setelah menjadi alumni, VKL tidak memenuhi kewajibannya kembali dan berkarya di Indonesia. Terhadap hal ini LPDP melakukan proses pemberian peringatan sampai dengan penagihan," jelas LPDP.