Total 4 Pelaku Pembunuhan WN Taiwan Ditangkap, Begini Perannya

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 17:32 WIB
Ditangkap Polisi, Pembunuh WN Taiwan di Bekasi Ternyata Diotaki Sekretaris
Foto: Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan WN Taiwan (Matius Alfons)
Jakarta -

Polisi menangkap total 4 orang pelaku pembunuhan WN Taiwan Hsu Ming Hu. Selain sang sekretaris Sari Sadewa, polisi menangkap 3 pelaku lainnya yang memiliki peran masing-masing.

"Tersangka yang sudah ditangkap yakni Sekertaris Pribadi SS (Sari Sadewa), AL (Alfiyan) ini juga suami FN yang juga sebagai eksekutor, saudara FN dan saudara S (Suyanto), 4 orang ini," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Rabu (12/8/2020).

Nana menyebut pembunuhan ini direncanakan oleh oleh Sari Sadewa yang sakit hati lantaran dihamili oleh korban, namun tidak mau bertanggungjawab. Kemudian Sari Sadewa menceritakan kejadian ini kepada FN yang merupakan seorang notaris langganan korban.

"SS (Sari Sadewa) dalam suasana sakit hati ketemu saudara FN ya--yang bersangkutan salah satu pekerja di notaris yang selama ini notaris tersebut biasa digunakan korban untuk urus asetnya--dari pertemuan disampaikan unek-unek pernah berhubungan tapi si korban tidak bertanggungjawab. Dari situ dia ada niat melukai bahkan ada niat lakukan untuk rencanakan pembunuhan korban ini," beber Nana.

Singkat cerita, niat Sari Sadewa untuk membunuh ini diamini oleh FN. Hingga pada akhirnya, FN pada Juni 2020 menyampaikan ada 3 orang yang bersedia menjadi eksekutor pembunuhan. Tiga eksekutor itu adalah Alfiyan, Suyanto dan Supriatin alias Asep.

"Yang sudah disiapkan FN sebagai perantara ada 3 orang atas nama AL suami FN, SY (Suyanto), dan S (Supriatin) alias Asep alias Jabrik. Tiga orang ini yang akan lakukan pembunuhan tersebut," ujarnya.

Nana menyebut hingga kini masih ada 5 orang yang menjadi DPO. Salah satunya yaitu S alias Asep eksekutor penusuk korban.

"Lainnya ada 5 orang yang tergabung komplotan masih dicari," ungkap Nana.

Pembunuhan ini diotaki oleh Sari Sadewa. Sari Sadewa merasa sakit hati lantaran pernah dihamili dan diminta menggugurkan kandungan oleh korban.

Kasus ini sendiri terungkap, setelah Polda Metro Jaya menerima laporan korban hilang pada Minggu (27/7) lalu. Singkat cerita, korban ditemukan tewas di Subang, Jawa Barat.

Hasil penyelidikan Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh AKBP Handik Zusen, AKP Ressa F Marasabessy dan AKP Rulian kemudian menangkap para pelaku pembunuhan WN Taiwan tersebut.

(maa/mea)