Otaki Pembunuhan WN Taiwan di Bekasi, Sekretaris Pribadi Ditangkap

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 15:50 WIB
Ditangkap Polisi, Pembunuh WN Taiwan di Bekasi Ternyata Diotaki Sekretaris
Polisi mengangkap pelaku pembunuhan WN Taiwan. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap pelaku pembunuhan pria WN Taiwan, Hsu Ming Hu, di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Pembunuhan sadis itu ternyata diotaki oleh sekretarisnya sendiri, Sari Sadewa (37).

"Tersangka SS (Sri Sadewa) ini adalah karyawan di toko roti yang sekaligus sekretaris pribadi korban," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Nana mengatakan Sari Sadewa telah merencanakan pembunuhan tersebut. Pembunuhan ini dilatarbelakangi masalah pribadi antara Sari Sadewa dan Hsu Ming Hu.

"Seiring berjalannya waktu, antara korban dan tersangka SS ini terjalin hubungan," katanya.

Perjalanan waktu, Sari Sadewa merasa sakit hati kepada korban. Dia kemudian merasa sakit hati dan merencanakan pembunuhan dengan menyewa eksekutor.

"Yang bersangkutan pernah berhubungan, tapi si korban tidak tanggung jawab. Dari situ ada niat melukai, bahkan ada niat melakukan perencanaan pembunuhan terhadap korban," katanya.

Sari Sadewa ditetapkan sebagai tersangka pada 30 Juli 2020 setelah pemeriksaan intensif di Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Selain Sari, tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya dipimpin AKBP Handik Zusen, AKP Ressa F Marasabessy dan AKP Rulian, juga menangkap tiga tersangka lainnya, yakni perempuan berinisial F, Suyanto, dan Alfiyan. F ditangkap di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, pada 30 Juli.

Selanjutnya, pada Jumat (7/8), polisi menangkap tersangka Suyanto di Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Berikutnya, tersangka Alfiyan ditangkap di hutan lindung Talang Pasir Pekon, Pesisir Barat, Lampung, pada Jumat (7/8).

Selain Sari Sadewa, polisi mengungkap ada sejumlah eksekutor dalam pembunuhan tersebut yang masih diburu. Saat ini para eksekutor tersebut ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Sebelumnya, korban dilaporkan hilang oleh rekannya yang juga WN Taiwan, pada Minggu, 27 Juli 2020. Korban dilaporkan hilang lantaran sejak Sabtu (26/7) tidak bisa dihubungi.

Rekannya saat itu mengecek ke rumah korban di Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Namun korban tidak bisa ditemui dan dihubungi.

Menindaklanjuti laporan hilang tersebut, Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudian melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya tim mendapatkan petunjuk 'jejak' korban di Subang, Jawa Barat.

Tim selanjutnya berkoordinasi dengan Polres Subang untuk mencari tahu kemungkinan korban ada di Subang. Di sisi lain, Polres Subang menemukan mayat pria tanpa identitas pada Sabtu (26/7). Terdapat sejumlah luka tusukan pada mayat tersebut.

Hasil pencocokan sidik jari, ternyata mayat pria di Subang identik dengan korban yang dilaporkan hilang. Polisi juga telah melakukan olah TKP di lokasi kejadian dan memeriksa saksi-saksi terkait kasus tersebut.

(mei/mei)