Curi Genset untuk Foya-foya, Oknum PNS di Sumsel Ditangkap Polisi

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 15:12 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi borgol (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
Palembang -

Oknum PNS di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, LP (34), ditangkap polisi. LP yang merupakan staf di Kecamatan Lubuk Linggau Utara 1 itu ditangkap karena diduga mencuri barang-barang kantor.

Kasat Reskrim Polres Lubuk Linggau, AKP Alex, mengatakan kasus ini berawal usai genset hilang dari gudang pada 20 Juli 2020. Pihak kecamatan kemudian melakukan pencarian.

"Awalnya Pak Camat ini mau pakai genset. Waktu dicek di gudang genset sudah tidak ada, hilang," ujar Alex, Rabu (12/8/2020).

Camat, Firdaus, kemudian meminta genset segera dicari. Termasuk mendata barang-barang inventaris yang tersedia di kantor kecamatan.

"Saat didata, ternyata banyak juga barang-barang hilang. Ada genset, kursi 40 buah, AC sampai tabung gas LPG 12 Kg," ujar Alex.

Firdaus lewat Kasi Tramtib, Serin (56), kemudian membuat laporan ke Polres Lubuk Linggau. LP kemudian ditangkap pada Senin (10/8).

"Ditangkapnya pelaku LP ini setelah kami lebih dulu menangkap pelaku HE. Kepada kami HE mengaku beraksi bersama si LP ini yang tak lain PNS di kantor kecamatan," katanya.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa genset dan AC. Kerugian diperkirakan berjumlah Rp 20 juta.

"Pelaku LP sudah mengakui, uang katanya dipakai untuk foya-foya. Untuk pemakaian narkoba sejauh ini tidak ada, jadi uang dia pakai foya-foya atau kebutuhan sehari-hari saja," katanya.

LP ditahan dan terancam Pasal 363 ayat 2 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun.

(ras/haf)