SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 19:59 WIB
SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19
Foto: SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19 (Kadek/detikcom)

"Kalau bisa kegiatan ini bisa menjadi inspirasi buat sekolah lain untuk mengadakan kegiatan semacam ini. informasi itu jangan terhambat karena ada COVID. Saya rasa kalau alumni dilibatkan istilahnya mau untuk memberikan sesuatu kepada adik-adiknya. Info-info pengalaman gitu," sambungnya.

Di sisi lain, Ketua ikatan alumni SMAN 8 Jakarta, Sigit Winarto yang juga hadir di lokasi sebagai pembicara mengatakan, kegiatan Edufair kali ini sangat kreatif dan bermanfaat. Sebab menurutnya, belum ada sekolah-sekolah lain yang juga melaksanakan kegiatan seperti ini secara daring di tengah pandemi Corona.

"Ini kreatif, jadi kegiatan semacam ini agak jarang dilakukan SMA-SMA yang sejenis, baik di DKI maupun di Indonesia. Ini salah satu bentuk hikmah dari pandemi, ketika kita masih bisa membuat kegiatan yang bermanfaat, tapi dengan adanya pandemi dilakukan secara online dan audiencenya jadi lebih mudah lebih luas lagi yang bisa mendapat manfaat kegiatan ini. Ini sangat kreatif dan bermanfaat," ucapnya.

Sigit menilai penerapan protokol kesehatan yang diterapkan dalam kegiatan acara kali ini sudah cukup baik. Semua sudah sesuatu dengan standar yang dianjurkan pemerintah, mulai dari mengukur suhu tubuh hingga mencuci tangan dan wajib mengenakan masker.

"Protokol kesehatannya juga saya pikir sudah bisa memenuhi kriteria. dicek suhu dikasih stiker penanda sudah cek suhu dikasi handsanitizer dipastikan pakai masker dan jaga duduknya juga social distancing sama dinas face Shield untuk menjadi pembicara," pungkasnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan, Muh Roji yang juga hadir di lokasi untuk memantau langsung pelaksanaan kegiatan Edufair. Menurut Roji, pelaksanaan Edufair di tengah pandemi yang dilakukan SMAN 8 Jakarta kali ini lebih inovatif.

"Dari sisi pelaksanaan saya lihat lebih infovatif disaat pandemi seperti ini kita Edufairnya. Biasannya kalau saya hadir diundang oleh Kepala Sekolah untuk hadir dalam pembukaan Edufair dalam keadaan normal ada panggung dan lain-lain. Tapi ini dalam keadaan pandemi saya lihat SMAN 8 bisa luar biasa tampilannya. Dan perguruan tinggi yang hadir promosi di Edufair SMAN 8 banyak sekali luar biasa saya acungkan jempol," imbuhnya.

Untuk diketahui, Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi dan sebagian orang tua murid kelas 12 dengan perkiraan audience sejumlah 500 orang. Edufair yang diselenggarakan oleh SMAN 8 Jakarta ini terbagi menjadi tiga tahap kegiatan. Tahap pertama dilaksanakan pada 14 hingga 23 Juli 2020 membahas soal strategi menembus Perguruan Tinggi Luar Negeri melalui Beasiswa yang terdiri dari 4 sesi.

Kemudian tahap kedua diselenggarakan pada tanggal 5, 11 dan 13 Agustus 2020 membahas soal pengenalan jurusan dan karir impianmu yang terdiri dari 4 sesi. Dan tahapan ketiga sekaligus sebagai penutup kegiatan Edufair 2020, akan dilaksanakan pada tangga 10 Oktober mendatang, dengan bahasan mengenal profil jurusan dan perguruan tinggi dalam negeri yang juga akan diselenggarakan sebanyak 4 sesi.

Halaman

(aud/aud)