Dapat Bintang Mahaputera, Berarti Fadli-Fahri Berjasa Luar Biasa

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 15:47 WIB
fahri hamzah dan fadli zon
Ilustrasi Fadli Zon dan Fahri Hamzah (Dok. detikcom)
Jakarta -

Duo politikus Fadli Zon dan Fahri Hamzah bakal mendapat Bintang Mahaputera Nararya dari Jokowi. Bintang itu hanya bisa didapatkan oleh orang yang berjasa luar biasa bagi kemakmuran bangsa. Berarti, Fadli dan Fahri juga dinilai sudah berjasa luar biasa bagi kemakmuran rakyat.

Penjelasan soal Bintang Mahaputera Nararya dapat ditemukan di Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, sebagaimana diakses detikcom dari situs Sekretariat Negara (Setneg), Selasa (11/8/2020).

Bintang Mahaputera Nararya merupakan salah satu jenis tanda kehormatan berupa bintang untuk kalangan sipil (non-militer). Pihak yang memberikan pertimbangan kepada Presiden mengenai siapa-siapa saja yang pantas diberi bintang adalah pihak Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Penjelasan soal syarat pengajuan seseorang untuk mendapatkan Bintang Mahaputera diatur dalam Bab V. Dalam bagian ini, ada Pasal 25 yang mengatur syarat umum seseorang yang bisa diajukan sebagai penerima gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan.

Syarat umum seseorang yang bisa diajukan untuk mendapat gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan:
1. WNI atau seseorang yang berjuang di wilayah yang sekarang menjadi wilayah NKRI
2. memiliki integritas moral dan keteladanan
3. berjasa terhadap bangsa dan negara
4. berkelakuan baik
5. setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara; dan
6. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun

Bila Fahri Hamzah dan Fadli Zon mendapatkan Bintang Mahaputera Nararya, berarti paling tidak Fahri dan Fadli adalah WNI yang berjasa terhadap bangsa, berkelakuan baik, dan tidak pernah dipidana dengan ancaman lima tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2