Megawati: Pemimpin yang Dicintai Rakyatnya Pasti Akan Dipilih 2 Kali

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 13:00 WIB
Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)
Foto: Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)
Jakarta -

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berharap para calon kepala daerah yang direkomendasikannya akan dicintai rakyat. Sebab, menurutnya, pemimpin yang dicintai rakyatnya pasti akan kembali dipilih di pemilihan berikutnya.

"Maunya semua pemimpin yang saya pilih itu adalah dicintai oleh rakyatnya. Pasti, pasti tidak perlu dengan segala cara pasti dia akan dipilih dua kali," kata Megawati dalam pengumuman rekomendasi calon kepala daerah yang disiarkan di kanal YouTube PDIP, Selasa (11/8/2020).

"Kalau tidak bener apa boleh buat. Nah makanya belajar lah banyak-banyak pemimpin rakyatnya dengan penuh kecintaan," sambungnya.

Megawati pun menjelaskan mekanisme pemilihan calon kepala daerah dari PDIP. Dia mengatakan, mereka yang terpilih bukanlah atas keinginannya pribadi.

"Kalau saya mau, saya punya hak prerogratif sebagai ketua umum untuk memilih siapa pun yang ingin saya jadikan sebagai calon. Tetapi saya melakukannya adalah dengan demokrasi tapi demokrasi terpimpin menurut saya adalah sebuah demokrasi yang sangat baik," tutur Megawati.

Megawati mengatakan para calon kepala daerah yang dia berikan rekomendasi berasal dari aspirasi para kader. Dirinya, kata Megawati, hanyalah menjalankan tugas partai.

"Saya mendengarkan aspirasi dari bawah dari masukan-masukan dari anak ranting karena tingkat ke DPC, ke DPD, ke DPP baru sayalah yang diberi tugas oleh kongres partai. Bukan maunya saya," katanya.

(mae/imk)