Megawati Ingatkan Calon Kepala Daerah PDIP Jangan Korupsi: Pasti Ketahuan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 12:06 WIB
Megawati Tutup Rakernas
Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)
Jakarta -

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan para calon kepala daerah yang partainya usung untuk tidak melecehkan rekomendasi yang diberikannya. Para calon kepala daerah, kata Mega, harus mementingkan kepentingan bangsa.

"Tidak berpikiran sempit, hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Kalau Anda mau korupsi, sekarang itu ndak bisa," kata Megawati dalam pengumuman rekomendasi calon kepala daerah yang disiarkan di kanal YouTube PDIP, Selasa (11/8/2020).

Megawati mengingatkan para calon kepala daerah dari PDIP untuk tidak korupsi. Dia menekankan, tindak pidana korupsi, cepat atau lambat pasti akan ketahuan.

"Semakin hari apa pun juga, yang namanya korupsi mungkin bisa dikatakan, ada yang mengatakan lambat dan sebagainya, tapi 1 hal korupsi itu tidak akan bisa disembunyikan. Suatu saat nanti pasti kelihatan," tuturnya.

"Sekarang ini ketahuan atau tidak ya yang namanya korupsi? Pasti suatu saat, suatu saat akan selalu ketahuan," imbuhnya.

Presiden ke-5 RI itu juga mengingatkan agar calon kepala daerah memahami arti menjadi pemimpin yang baik bagi daerahnya. Mengingat, PDIP tidak main-main dalam memberikan rekomendasi ini.

"Apakah hanya untuk mengikuti nafsu yang namanya keserakahan, hanya untuk mencari kekuasaan, hanya untuk mencari uang? Melupakan dengan susah payah, saudara sekalian itu akan diperjuangkan dan dipilih langsung oleh rakyat," katanya.

"Oleh sebab itu, saya meminta dengan sangat, kami PDIP meluluskannya untuk menjadi kepala daerah itu berjenjang, sangat lama, untuk mendengarkan aspirasi rakyat. Alangkah sayangnya jika kalian ini yang saya berikan rekomendasi itu melecehkan rekomendasi saya setelah jadi," sambung Megawati.

Lebih lanjut, Megawati mengingatkan para calon kepala daerah untuk memiliki pijakan kokoh pada jati diri bangsa. Hal itu, kata dia, penting bagi seorang pemimpin.

"Saya selalu mengatakan berulang kali kepada kader PDIP di manapun berada, semua kader partai wajib memiliki pijakan kokoh pada jati diri bangsa, namun pada saat bersamaan memiliki cara pandang luar dengan menyatukan diri dengan apa yang dicita-citakan Bung Karno," kata Megawati.

(mae/imk)