NasDem: Penghargaan ke Fahri-Fadli Tunjukkan Kenegarawanan Jokowi

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 07:57 WIB
Willy Aditya
Willy Aditya (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Partai Nasional Demokrat (NasDem) mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memberikan penghargaan tanda kehormatan sipil kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Jokowi dinilai tunjukkan sikap negarawan lantaran memberi penghargaan kepada dua tokoh yang sempat berseberangan.

"Tentu NasDem mengapresiasi rencana pemberian tanda kehormatan kepada dua wakil ketua DPR periode 2014-2019, Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Presiden Joko Widodo makin menegaskan kualitas kenegarawanannya dengan memberi penghargaan yang demikian," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya saat dihubungi, Senin (10/8/2020).

Willy mengungkap pemberian tanda jasa ini tentu sudah melalui penilaian kriteria objektivitas yang diamanatkan oleh undang-undang. Karena itulah, meski pernah berseberangan, kata dia, Jokowi tetap memberikan penghargaan atas kritik kedua tokoh tersebut.

"Di sinilah letak kenegarawanan Joko Widodo. Walaupun pernah berada dalam posisi yang berseberangan dengan pemerintahannya, Presiden Jokowi justru memberi penghargaan terhadap kritik yang selama ini dilontarkan kedua sahabat saya itu. Saya kira ini patut dicontoh oleh tokoh-tokoh bangsa lainnya," ucapnya.

Willy pun menyebut politik yang keras dan posisi politik yang berseberangan adalah hal yang lumrah. Karena itu tindakan Jokowi ini sebagai bentuk tidak adanya dendam walau mendapatkan kritik dari kedua tokoh tersebut.

"Dengan pemberian tanda kehormatan kenegaraan yang diusulkan oleh DPR ini semestinya kenegarawanan Jokowi menjadi contoh bagi yang lain. Jangan terus-menerus mendendam. Kita perlu secara objektif menilai sesuatu. Tidak ada manusia yang benar terus sepanjang masa dan sebaliknya. Sikap sikap kenegarawanan ini perlu diperluas," ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan bintang tanda jasa kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon tahun ini. Namun ada tokoh lainnya yang mendapat tanda jasa.

"Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke-75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam berbagai bidang. Fahri Hamzah dan Fadli Zon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya," tulis Menko Polhukam Mahfud Md lewat akun Twitter, Senin (10/8/2020).

Mahfud mengatakan penghargaan itu diberikan kepada mereka lantaran jasanya. Rakyat, lanjut Mahfud, mendapat manfaat dari perjuangan Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

"Rakyat 'dianggap' mendapat manfaat atas perjuangan dan jasa mereka. Setiap menteri dan pimpinan lembaga negara yang purna tugas satu periode mendapat bintang tersebut," cuit Mahfud.

Tonton video 'Fadli Zon-Fahri Hamzah Akan Dapat Bintang Penghargaan dari Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/idn)