KPK Belum Terima Undangan Gelar Perkara Surat Jalan Djoko Tjandra dari Polri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 17:55 WIB
Ali Fikri
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku belum menerima surat undangan resmi untuk ikut gelar perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) surat jalan Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Namun KPK memastikan akan hadir dalam gelar perkara jika diundang.

"Terkait gelar perkara Djoko S Tjandra, berdasarkan informasi yang kami terima, sejauh ini KPK belum mendapatkan undangan resmi perihal kegiatan gelar perkara dimaksud," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (10/8/2020).

Ali Fikri menuturkan pihaknya juga akan mengirim tim penindakan KPK saat gear perkara. Tim penindakan diturunkan, lanjut Ali Fikri, karena pembahasan dalam gelar perkara bersifat teknis.

"KPK tentu akan hadir jika sudah ada undangan tersebut dan, karena ini kegiatan pembahasan soal teknis, tentu yang akan hadir juga dari tim Penindakan KPK," jelas Ali Fikri.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menyampaikan akan melakukan gelar perkara penetapan tersangka perkara tipikor terkait kasus surat jalan Djoko Tjandra. Bareskrim rencananya turut mengundang KPK dalam agenda tersebut.

"Kemudian minggu depan kami akan melaksanakan gelar dalam rangka penetapan tersangka untuk kasus tipikor dengan mengundang rekan-rekan KPK untuk ikut langsung dalam proses pelaksanaan gelar perkara penetapan tersangka," kata Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/8).

Sigit menjelaskan pihaknya telah menaikkan status dugaan tipikor terkait surat jalan Djoko Tjandra dari penyelidikan menjadi penyidikan. Setelah itu, para penyidik melakukan rapat koordinasi dan merasa pemeriksaan terhadap Djoko Tjandra cukup untuk sementara.

(aud/jbr)