Licinnya Fotografer Muncikari Hana Hanifah, Hampir Sebulan Tak Tertangkap

Ahmad Arfah - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 17:46 WIB
Polisi tetapkan 2 tersangka prostitusi Hana Hanifah (Datuk Haris-detikcom)
Polisi tetapkan 2 tersangka prostitusi Hana Hanifah. (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Kasus dugaan prostitusi online yang melibatkan artis FTV Hana Hanifah sudah hampir sebulan berlalu. Polisi mengatakan fotografer J yang menjadi mucikari belum juga tertangkap.

"Belum (tertangkap)," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Martuasah Tobing, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (8/8/2020).

Martuasah tidak menjelaskan penyebab belum tertangkapnya fotografer J. Dia mengatakan pihaknya masih terus mencari J.

"Masih dicari," jelas Martuasah.

Kasus prostitusi online yang melibatkan Hana Hanifah ini terjadi pada Minggu (12/7). Hana diamankan di salah satu hotel di Kota Medan bersama seorang pria.

"Saat diamankan sedang dengan satu orang lelaki di salah satu hotel di Kota Medan," kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko di Medan, Senin (13/7) dini hari.

Dari kasus ini, polisi menetapkan dua orang tersangka, yaitu R dan J, sementara Hana dijadikan saksi dalam kasus ini. Tersangka R berhasil diamankan polisi sementara J diburu.

Polisi menyebut Hana dan J sering bertemu di salah satu kafe di Jakarta. Tersangka J merupakan orang yang mentransfer uang sebesar Rp 20 juta kepada Hana dalam kasus dugaan prostitusi artis ini.

"Kemudian terhadap dari keterangan Saudari H (Hana), dia menerima transferan Rp 20 juta dari Saudara J yang ada di Jakarta. Tapi, karena dirinya sebagai objek yang diperdagangkan, sesuai UU TPPO Nomor 21/2007, untuk sementara kita jadikan saksi," kata Riko.

(idh/idh)