Round-Up

Panduan Gowes Nyaman dan Aman di Ibu Kota

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 22:05 WIB
Operasi Patuh Jaya 2020 tak hanya berlaku bagi kendaraan bermotor. Para pesepeda yang melanggar aturan lalu lintas juga akan ditindak di operasi ini.
Ilustrasi pesepeda (Foto: dok. Antara Foto)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menggandeng sejumlah komunitas pesepeda di Ibu Kota menerbitkan buku panduan bersepeda. Panduan ini diharapkan membuat pesepeda nyaman dan aman saat bersepeda di jalanan Ibu Kota.

"Jadi buku panduan ini prakarsa dari komunitas. Kami berharap buku panduan bersepeda ini bisa menjadikan satu pegangan bagi para pesepeda seperti bagaimana dalam melaksanakan bersepeda dengan aman, selamat, dan tidak mengganggu pengguna jalan lain," ujar Ketua Dewan Transportasi Jakarta (DTKJ) Haris Muhammadun dalam acara peluncuran buku itu di depan fX Sudirman, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Buku panduan itu berisi seputar kiat bersepeda secara aman, nyaman, dan tertib. Buku tersebut dapat menjadi sarana edukasi bersepeda yang baik, sehingga para pesepeda juga diharapkan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Di dalam buku panduan itu, pembaca akan disuguhi terlebih dahulu cara mengenali sepeda. Mulai rem, spakbor, ban, lampu depan, lampu belakang, hingga ban.

Setelah itu, dijelaskan juga kiat pengguna sebelum mulai bersepeda. Ada empat daftar yang harus diperiksa. Pertama, pastikan sepeda siap, yakni dengan cara mengecek rem, bel yang berfungsi, lampu depan dan belakang, reflektor, hingga tekanan angin ban yang cukup.

Kedua, memastikan keselamatan. Di sini, disarankan untuk menggunakan pakaian yang cerah, alas kaki yang nyaman, rompi pemantul cahaya bila bersepeda di malam hari, dan yang terpenting menggunakan helm.

Ketiga, memilih waktu dan pelajari rute bersepeda. Kemudian yang keempat membawa sejumlah alat perlengkapan, seperti kunci sepeda, pompa kecil, ban dalam cadangan, alat P3K, dan air mineral.

Selanjutnya
Halaman
1 2