Dishub Bekasi: Ganjil-Genap Berlaku di 3 Titik Gerbang Tol ke Jakarta

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 10:45 WIB
Wacana sistem ganjil-genap di tol saat mudik (Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom)
Foto Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Bekasi -

Kebijakan ganjil-genap (gage) untuk kendaraan bermotor roda empat tak hanya berlaku di DKI Jakarta, tapi juga di Kota Bekasi, Jawa Barat. Ganjil-genap di Kota Bekasi berlaku di 3 titik gerbang tol menuju Jakarta.

"Di Gerbang Tol (Bekasi) Timur, (Gerbang Tol Bekasi) Barat 1 dan 2," ujar Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi Teguh Indrianto ketika dikonfirmasi detikcom, Kamis (6/8/2020) malam.

Teguh mengatakan kebijakan ganjil-genap tersebut hanya berlaku bagi kendaraan yang mengarah ke Jakarta. Ganjil-genap tidak berlaku untuk koridor ke arah Bekasi.

Ganjil-genap di Kota Bekasi yang diberlakukan pada Senin-Jumat itu terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama pada pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB, sedangkan sesi kedua pada sore hari pukul 16.00-21.00 WIB.

[Gambas:Instagram]





Lebih lanjut, Teguh menyampaikan kebijakan ini mulai diterapkan mengikuti ketentuan selanjutnya dari Pemprov DKI Jakarta.

"(Peraturan ganjil-genap) berlaku sekarang sampai ada ketentuan lagi dari Pemda DKI Jakarta," imbuh Teguh.

Teguh menyebut aturan ini berlaku persis seperti saat berlakunya ganjil-genap sebelum pandemi COVID-19.

Untuk diketahui, penindakan ganjil-genap di DKI Jakarta sendiri ditunda hingga akhir pekan. Polisi masih memperpanjang masa sosialisasi terkait penindakan ganjil-genap lantaran masih banyak pengendara yang melanggar dan mengaku tidak tahu ganjil-genap telah diberlakukan kembali.

Ganjil-genap di Jakarta berlaku pada Senin hingga Jumat, pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Ganjil-genap diberlakukan di 25 ruas jalan di DKI.

Tonton video'Kadishub DKI soal Ganjil-Genap: Volume Lalu Lintas Turun 4 Persen':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mea)