Round-Up

Masa Tilang Ganjil-Genap Ditunda Sebab Masih Banyak yang Alpa

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 05:39 WIB
Wacana sistem ganjil-genap di tol saat mudik (Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom)
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta -

Penindakan ganjil-genap di DKI Jakarta ditunda hingga pekan depan, setelah sebelumnya sempat disetop di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tengah pandemi Corona. Penundaan tilang ganjil-genap dilakukan lantaran masih banyak ditemukan pelanggar yang mengaku alpa jika ganjil-genap kembali diberlakukan.

Penindakan ganjil-genap ini sedianya mulai diberlakukan kembali pada pekan ini. Namun Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menunda penindakan tersebut dan memperpanjang masa sosialisasi hingga hari ini, Jumat (7/8).

"Masih banyak pelanggaran dan sebagian mengaku belum tahu kalau gage (ganjil-genap) diberlakukan kembali," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (6/8/2020).

Kombes Sambodo mengatakan, pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap mulai diberlakukan kembali pada Senin (10/8) mendatang. Sementara pada Kamis (6/8), polisi menggencarkan sosialisasi terkait pemberlakuan ganjil-genap itu kepada pengendara.

Sosialisasi dilakukan di sejumlah ruas jalan yang diberlakukan ganjil-genap, di antaranya di Jalan Senayan, Jakarta. Polisi juga memasang sejumlah spanduk dalam upaya sosialisasi tersebut.

"Kami pihak kepolisian khususnya Ditlantas Polda Metro Jaya memperpanjang masa sosialisasi ini sampai dengan hari Minggu (9/8) sebetulnya, walaupun kebijakan ganjil genap ini kan hanya berlaku sampai hari Jumat (7/8). Tetapi kita sosialisasinya tetap sampai hari Minggu sehingga kita nanti akan mulai penindakan nanti hari Senin tanggal 10 Agustus 2020," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Bundaran Senayan, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Nantinya, kata Sambodo, penindakan akan dilakukan dengan dua cara. Pertama, pengawasan dilakukan secara langsung di lapangan oleh petugas. Kedua, pengawasan akan dilakukan menggunakan kamera elektronik (e-TLE).

Tonton juga video 'Ini Alasan Pemprov DKI Kembali Berlakukan Ganjil-Genap di Masa PSBB':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2