Round-Up

Buka-bukaan Jerinx soal Postingan 'IDI Kacung WHO'

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 07:54 WIB
Jerinx SID memenuhi panggilan polisi soal laporan IDI.
Jerinx 'SID' memenuhi panggilan polisi soal laporan IDI. (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Setelah sempat mangkir, musisi Jerinx 'SID' akhirnya memenuhi panggilan polisi terkait dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Jerinx menjelaskan duduk masalahnya.

Pantauan detikcom, Jerinx tiba di Polda Bali pukul 10.45 Wita, Kamis (6/8/2020). Dia didampingi pengacaranya, I Wayan Gendo Suardana.

Jerinx, yang mengenakan celana hitam dan kaus hitam bertulisan 'Indonesia Tolak Rapid', tersenyum dan tidak memakai masker.

Menurut Jerinx, dirinya sangat siap menjalani pemeriksaan polisi. "Sangat siap, semua data dan informasi yang diperlukan tentunya data fakta yang mendukung intinya semua akan baik-baik saja," kata Jerinx.

Soal persiapan khusus, Jerinx mengaku hanya berkoordinasi dengan tim kuasa hukum. Jerinx mengatakan siap menjelaskan tuduhan yang dilaporkan.

"Jika itu memang bisa dibuktikan silakan," ujar Jerinx lalu masuk ke gedung Mapolda Bali.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho menuturkan Jerinx dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

Jerinx tidak menghadiri panggilan pertama karena alasan ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan. Yuliar membeberkan kuasa hukum Jerinx 'SID' juga sudah mengirimkan surat untuk tidak menghadiri pemanggilan yang pertama.

Jerinx dilaporkan IDI Bali karena materi posting-an IG-nya pada 13 Juni. Posting-an IG akun @jrxsid itu bisa dilihat di bawah ini:

Jerinx Dipolisikan IDI karena 'Kacung WHO', Pengacara: Pahami Secara UtuhAngga RizaDenpasar - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali melaporkan Jerinx SID dengan tuduhan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik terkait postingan 'IDI kacung WHO'. Kuasa hukum Jerinx meminta postingan itu dipahami secara utuh.Foto: Screenshot IG @jrxsid

Posting-an itu dilengkapi caption:

BUBARKAN IDI! Saya gak akan berhenti menyerang kalian @ikatandokterindonesia sampai ada penjelasan perihal ini! 🐖

Rakyat sedang diadu domba dengan IDI/RS? TIDAK. IDI & RS yg mengadu diri mereka sendiri dgn hak-hak rakyat.

Berikut ini buka-bukaan Jerinx soal posting-an 'IDI Kacung WHO':

Yakin 100 Persen Benar

Jerinx yakin dirinya tidak salah terkait laporan IDI soal dugaan pencemaran nama baik.

"Yakin 100 persen saya merasa yang saya lakukan itu benar, tidak bermaksud negatif atau buruk yang saya lakukan murni sebatas kritik, kritikan sebagai warga negara Indonesia," kata Jerinx kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Jerinx diperiksa di ruang Ditreskrimsus Polda Bali. Jerinx menyiapkan sejumlah data dan informasi untuk ditunjukkan kepada penyidik.

"Semua data dan informasi yang diperlukan tentunya data fakta yang mendukung intinya semua akan baik-baik saja," tambah Jerinx.

Minta Maaf ke IDI

Jerinx lalu menjelaskan soal disebut minta maaf ke IDI atas posting-annya 'IDI Kacung WHO'. Jerinx mengatakan posting-annya merupakan kritik.

"Dan saya ingin di kesempatan ini saya ingin mengklarifikasi kemarin ada berita saya sudah minta maaf terhadap IDI segala macam, itu saya klarifikasi sekarang, jadi kemarin percakapan saya dengan salah satu media saya pikir itu off the record, saya pikir akan disampaikan personal kepada IDI-nya saya tidak tahu kalau itu akan dicetak," ungkap Jerinx.

Menurut Jerinx, dia meminta maaf kepada IDI sebagai empati. Dia mengaku tidak ada maksud menyakiti IDI.

"Tapi saya benar minta maaf sebagai bentuk empati saya kepada kawan-kawan IDI karena saya ingin menegaskan saya sekali lagi saya tidak punya kebencian saya tidak punya menghancurkan atau menyakiti perasaan kawan-kawan di IDI," ujarnya.

Jerinx berpendapat yang disampaikannya merupakan kritik. Menurutnya, tidak ada muatan personal.

"Jadi ini 100 persen sebuah kritikan jadi sekali lagi saya klarifikasi permintaan maaf saya sebagai bentuk empati jadi untuk menegaskan kepada kawan-kawan IDI jika tidak ada tujuan kayak personal saya tidak punya kebencian personal terhadap IDI ini 100 persen kritikan tolong jangan tanggapi dengan perasaan," ucapnya.

Tonton video 'Jerinx Diperiksa Polda Bali, Nora Alexandra Gaungkan #savejrxsid':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2