Diperiksa soal Viral Foto Ratu Ati di Ruang Wawali Cilegon, Ini Kata Sekda

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 17:11 WIB
Sekda Kota Cilegon, Sari Suryati (kanan) seusai diperiksa Bawaslu Cilegon
Sekda Kota Cilegon Sari Suryati (kanan) setelah diperiksa Bawaslu Cilegon. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Sari Suryati diperiksa Bawaslu perihal viral foto Wakil Wali Kota yang juga bakal calon wali kota Ratu Ati Marliati (RAM) dan tim sukses di ruangannya. Sari menyampaikan tidak bisa menolak tamu yang datang ke kawasan Balai Kota Cilegon, Banten.

"Jadi kalau di pemerintahan itu ada protap yang sama, siapa pun tamu yang datang ke pimpinan, mau ke Pak Wali Kota ataupun ke Bu Wakil Wali Kota, ataupun ke saya, kan punya hak juga semuanya tamu masyarakat dari partai mana pun dari organisasi mana pun, intinya masyarakat," kata Sari kepada wartawan setelah diperiksa Bawaslu, Kamis (6/8/2020).

"Yang kedua ajudan menyampaikan nggak mungkin juga menolak. Jadi intinya semua masyarakat yang bertamu tidak ada hak untuk ditolak," lanjutnya.

Terkait aktivitas di dalam ruangan pimpinan, hanya si tamu dan tuan rumahnya yang tahu. Kendati begitu, Sari tidak bisa menjawab ketika ditanya soal apakah diperbolehkan aktivitas politik dilakukan di kantor dinas.

"Ibu nggak bisa jawab kalau itu, karena isinya juga Ibu kan nggak tahu. Tetapi, intinya, protap yang kita lakukan sesuai dengan etika pemerintahan, SOP di ajudan, tamu yang masuk siapa pun pasti melalui ajudan. Ajudan menyampaikan ke pimpinan, dari mana pun pasti harus diterima karena beliau sebagai pejabat negara dan selaku pejabat publik," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah foto viral di media sosial antara Ratu Ati Marliati dan tim suksesnya diduga melakukan deklarasi dan kampanye di ruang Wakil Wali Kota. Foto itu kemudian jadi temuan Bawaslu Cilegon. Alhasil, Sekda dan dua anggota DPRD dipanggil untuk dimintai keterangan.

(aik/aik)