PAN Optimistis Bobby Tak Ulang Kekalahan Jokowi: Ada Kami dan Gerindra

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 10:31 WIB
Bobby Nasution temui Zulhas
PAN mendukung Bobby Nasution sebagai cawalkot Medan. (Foto: Dok. istimewa)
Jakarta -

Perjalanan Bobby Nasution dalam Pilwalkot Medan 2020 dinilai tak berjalan mulus karena catatan kekalahan mertuanya, Joko Widodo (Jokowi), di Medan. Namun, PAN justru optimistis dalam hal ini.

Sekjen PAN Eddy Soeparno akan menggerakkan basis pendukung partainya dan Gerindra untuk mendukung penuh Bobby. Dia menilai basis pendukungnya dan Gerindra cukup kuat karena pada pemilu lalu keduanya berseberangan dengan Jokowi.

"Saat Bobby didukung oleh partai-partai yang di tahun Pemilu 2019 kemarin itu pada saat itu berada di tempat yang berseberangan dengan Pak Jokowi, ada PAN dengan Gerindra, jadi basis-basis suara PAN dan Gerindra akan digerakkan untuk mendukung Bobby, kuncinya ada di situ," kata Eddy ketika dihubungi, Kamis (6/8/2020).

Kemudian, Eddy mengatakan partai koalisi pengusung Bobby akan mencari wakil wali kota Medan yang berpotensi memiliki massa. Terutama di wilayah yang belum terjamah oleh Bobby.

"Kita akan mencari calon wakil yang memang punya basis massa yang kuat juga, terutama nanti kekosongan di tempat yang memang Bobby belum sempat menjangkau," ujarnya.

PAN menegaskan pihaknya optimistis Bobby akan menang dalam Pilwalkot Medan. Mengingat, Bobby merupakan sosok muda baru yang belum memiliki beban di masa lalu.

"Jadi kita merasa bahwa cukup optimis bahwa Bobby sebagai sosok muda, sosok baru itu merupakan. Keunggulan sendiri, jadi dia representasi kaum muda wajahnya baru belum pernah punya beban masa lalu, yang bisa diterima oleh kalangan masyarakat umum di Medan," ucapnya.

Seperti diketahui, Bobby Nasution akan maju dalam pemilihan Wali Kota Medan bersama pasangannya, Aulia Rachman. Bobby-Aulia hingga kini sudah didukung empat partai, yaitu NasDem, Gerindra, Golkar, dan PAN.

Namun, perjalanan Bobby merebut kursi Medan-1 dibayangi kekalahan sang mertua, Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Medan pada Pilpres 2019. Berdasarkan data KPU, Jokowi-Ma'ruf mendapat 542.221 suara, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 645.209 suara

Tonton video 'Gerindra Dukung Bobby di Pilkada Medan, Minta Kadernya Jadi Wakil':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)