MUI: Sertifikat Halal Vaksin Corona Perlu Diurus agar Tak Bermasalah

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 17:40 WIB
Sekjen MUI Anwar Abbas.
Sekjen MUI Anwar Abbas (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan sebaiknya sertifikat halal segera diurus jika vaksin virus Corona (COVID-19) sudah ditemukan. Hal itu dilakukan agar penggunaan vaksin Corona tersebut tak menimbulkan masalah.

"Iya kalau vaksinnya sudah ada agar dalam penggunaannya nanti tidak bermasalah maka sebaiknya diurus sertifikat halalnya," kata Sekjen MUI Anwar Abbas kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelumnya sudah meminta MUI menyiapkan fatwa jika vaksin Corona sudah ada. Anwar mengatakan Komisi Fatwa MUI akan mempelajari jika ada permintaan fatwa mengenai vaksin Corona tersebut.

"Untuk itu, pihak yang berkepentingan hendaknya meminta fatwa kepada MUI untuk selanjutnya dipelajari dan disimpulkan oleh Komisi Fatwa apakah vaksin tersebut halal atau tidak," ujar dia.

Permintaan Ma'ruf terkait fatwa jika vaksin sudah ada itu disampaikan dalam webinar 'Peranan Fatwa MUI pada Masa Pandemi COVID-19 dan Dampak Hukumnya' yang diselenggarakan oleh Universitas al-Azhar Indonesia, Rabu (5/8). Ma'ruf berharap vaksin segera tersedia.

"Kita juga berdoa semoga upaya pemerintah dalam menyegerakan tersedianya vaksin dapat terwujud dan dalam kaitan ini MUI perlu mempersiapkan fatwanya," ujar Ma'ruf.

Tonton video 'Kemenkes: Herbal atau Jamu Tak Bisa Sembuhkan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2