Siaga Tangani Karhutla, Polda Kalsel-TNI Gelar Simulasi Pemadaman

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 16:21 WIB
TNI-Polri Gelar Simulasi Penanganan Karhutla di Kalsel
Foto: Simulasi penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kalsel (dok.Polda Kalsel)
Banjarmasin -

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi salah satu perhatian serius Polda Kalimantan Selatan (Kalsel). Sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam penanganan karhutla, Polda Kalsel menggelar simulasi bersama aparat TNI, BPBD, dan tim pemadam kebakaran (damkar).

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta mengatakan simulasi dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam rangka penanggulangan karhutla secara proporsional dan profesional. Semua jenis bencana dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia, seperti kerusakan lingkungan dan kebakaran yang telah mengancam di tengah kehidupan masyarakat.

"Diperlukan upaya penanggulangan karhutla di wilayah Kalimantan Selatan, sehingga harus dilakukan upaya-upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian," kata Irjen Nico Afinta dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Mantan Dirkrimum Polda Metro Jaya ini menerangkan, penanganan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerja sama terpadu yang tidak hanya melibatkan Polri, TNI, dan pemerintah. Menurutnya, perlu keterlibatan seluruh lapisan masyarakat, swasta, dan relawan.

"Semua instansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan karhutla di Bumi Lambung Mangkurat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing," tegasnya.

TNI-Polri Gelar Simulasi Penanganan Karhutla di KalselTNI-Polri Gelar Simulasi Penanganan Karhutla di Kalsel Foto: (dok.Polda Kalsel)

Nico melanjutkan, kehadiran semua pihak di lapangan perlu didukung dengan kemampuan dan keterampilan serta sarana dan prasarana yang memadai sehingga dapat bertindak secara proporsional dan profesional. Untuk itu, diperlukan pelatihan yang serius untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam penanganan karhutla ini.

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh personel Polri dari tingkat Polda, Polres, dan Polsek jajaran untuk sering melakukan patroli antisipasi karhutla. Kami juga mengimbau untuk melakukan patroli hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah hukum Polda Kalsel," tutur Nico.

Simulasi dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta, Wakapolda Kalsel Brigjen Mohamad Agung Budijono, Irwasda Polda Kalsel Kombes Djoko Poerbohadijojo, dan para pejabat utama Polda Kalsel.

Dalam kegiatan ini, disimulasikan bahwa api dengan cepat langsung membakar lahan di kawasan Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Kalsel. Namun api dipadamkan personel Polri, TNI, BPBD, dan tim damkar sebelum kobaran menghanguskan seluruh kawasan lahan.

Tonton video 'Perintah Jokowi Cegah Karhutla: Jangan Sampai Pontang-panting':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/jbr)