Sebelum ke Komnas HAM, Mahasiswa Gugat 2 Pasal di Peraturan Nadiem

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 12:25 WIB
Gedung Mahkamah Agung (MA) sebelum pembangunan (kiri) dikombo dengan sesudah pembangunan.
Mahkamah Agung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Sebelum mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengadukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ke Komnas HAM, mahasiswa Unnes mengajukan gugatan uji materi Peraturan Mendikbud soal biaya kuliah ke Mahkamah Agung (MA). Ini dua pasal Permendikbud Mas Menteri yang digugat mahasiswa.

"Itu dua hari sebelum ke Komnas HAM, kami ke MA dulu," kata salah satu mahasiswa penggugat uji materi, Franscollyn Mandalika, kepada detikcom, Rabu (5/8/2020).

Mahasiswa Fakultas Hukum Unnes mengadukan Nadiem Makarim ke Komnas HAM pada 22 Juli. Sebelumnya, pada 20 Juli, mereka ke MA mendaftarkan gugatan uji materi Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mereka yang mengajukan uji materi terhadap Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 adalah mahasiswa Unnes atas nama Frans Josua Napitu, Ignatius Rhadite Prastika Bhagaskara, Franscollyn Mandalika, Michael Hagana Bangun, Jonasmer Simatupang, dan Machmud Alwy Syihab.

Mereka menyoroti Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan iuran (mereka menyebutnya sebagai uang pangkal) di luar UKT yang dibebankan ke mahasiswa. Berikut adalah dua pasal yang mereka gugat ke MA:

Selanjutnya
Halaman
1 2