'Save Keris' Trending, Fadli Zon Tengarai Ada Narasi Adu Domba

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 15:00 WIB
Keris
Foto ilustrasi: Pameran Keris (Bagus Kurniawan/detikcom)

Fadli Zon adalah Ketua Umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI). Dia menegaskan, anggapan bahwa keris adalah barang klenik adalah anggapan yang salah. Yang benar, keris adalah budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage/ICH) pada 2008. Sebelumnya, pada 2005, UNESCO mengukuhkan keris Indonesia sebagai warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia.

"Keris tidak bisa diperbenturkan dengan agama. Walisongo saja penyebar agama memiliki keris. Dalam peperangan yang menggunakan simbol Islam, pahlawan dulu juga memakai keris, misal Pangeran Diponegoro pakai keris, Tuanku Imam Bonjol pakai keris, dan Teuku Umar juga pakai keris," kata Fadli Zon.

Politikus Gerindra ini mengimbau agar semua pihak tidak membenturkan keris dengan agama tertentu. Keris telah ada di banyak budaya, tidak hanya Jawa, namun juga Sumatera, Kalimantan Sulawesi, Malaysia, Thailand Selatan, dan Mindanao Filipina.

Keris Raja milik Fadli Zon yang dipamerkan di DPRKeris Raja milik Fadli Zon yang dipamerkan di DPR Foto: Elza Astari Retaduari/detikcom

"Kalau kita lihat, pedangnya Nabi Muhammad dan para sahabat Nabi itu luar biasa indahnya. Bahkan saya sering ngomong kepada teman-teman yang menyukai keris, kalau kita berandai-andai, saya yakin para sahabat atau bahkan Nabi Muhammad kalau sempat ke Tanah Jawa di masa ketika sudah ada keris, mungkin beliau juga akan mempunyai keris yang luar biasa," kata Fadli Zon.

Halaman

(dnu/tor)