Satgas Minta Pemda Mengacu Peta Zonasi Risiko Hanya ke Situs covid19.go.id

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 14:31 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menegaskan peta zonasi risiko hanya dikeluarkan oleh pihaknya. Zonasi risiko tersebut dipetakan berdasarkan 15 indikator kesehatan masyarakat.

"Peta zonasi yang hanya dikeluarkan oleh Satgas COVID-19 kembali ingin kami tegaskan bahwa peta zonasi risiko daerah hanya mengacu dari hasil yang dikeluarkan oleh Satgas COVID-19 berdasarkan indikator kesehatan masyarakat," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Selasa (4/8/2020).

Wiku juga menegaskan peta zona risiko itu hanya dapat diakses di situs covid19.go.id. Peta zona risiko Corona, kata dia, tak bisa mengacu ke situs lain.

"Dapat diakses di covid19.go.id bagian peta risiko. Mohon agar seluruh pemerintah daerah masyarakat dan teman-teman media untuk mengakses zona risiko daerah hanya di portal resmi pemerintah," tegasnya.

Wiku pun meminta pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat hanya mengacu pada situs covid19.go.id. Dia juga meminta masyarakat aktif melapor jika ada perbedaan data antara pemerintah daerah dan data pemerintah pusat.

"Data daerah yang ter-update harus sinkron dengan data Kementerian Kesehatan. Jika dalam hasil laporannya ditemukan perbedaan data, maka mohon disampaikan dan dikoordinasikan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat," tutur Wiku.

"Mohon agar masyarakat secara luas ikut mengontrol kualitas data dan pelaporannya karena sistem pelaporan seperti ini kita dorong untuk transparan sehingga publik dapat juga ikut menyaksikan menggunakan dan menjadikan bahan untuk mengendalikan diri dan lingkungannya dalam menghadapi COVID-19," sambungnya.

(mae/imk)