Analisis Psikolog Kenapa YouTuber Tega Bikin Prank Daging Kurban Isi Sampah

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 12:40 WIB
Video prank YouTuber prank memberi daging kurban yang ternyata berisi sampah (YouTube Edo putra Official)
Video prank YouTuber prank memberi daging kurban yang ternyata berisi sampah. (YouTube Edo putra Official)
Medan -

Seorang YouTuber Edo Putra ditetapkan sebagai tersangka usai membuat video prank daging kurban berisi sampah. Meski perbuatan itu setting-an karena korban adalah ibunya, perbuatan Edo itu dinilai sebagai perilaku jahat dan kebablasan.

Psikolog asal Universitas Medan Area (UMA), Rahmadani Hidayatin Sukatendel, mengatakan perbuatan Edo ataupun video prank lainnya ini menilai kelakuan orang-orang di luar negeri yang kerap membuat prank untuk guyonan. Namun, dia menilai prank yang ditiru orang Indonesia malah kebablasan.

"Sebetulnya kan prank itu di luar negeri biasa, guyonan, lelucon, ngerjain orang. Tapi ke sini-sininya terutama di Indonesia ya akhirnya kebablasan. Kebablasannya karena mereka berpikir dari sisi senang-senang dirinya. Tanpa memikirkan kemudian dampak psikologis ke orang lain," tutur Hidayatin, Senin (3/8/2020).

Hidayatin mengatakan prank yang dibuat Edo sekadar ikut-ikutan tren. Namun, prank yang dibuat Edo malah tidak menghibur.

"Lelucon-lelucon prank di luar negeri dengan teknologi yang sangat baik untuk buat orang tertawa, menghibur, dengan batas yang biasa, yang akhirnya ketika mereka dikasih tahu, kita sedang ada show prank dia akhirnya ketawa. Kalau kejadian prank sampah ini memang ingin mengikuti tren, tapi tidak memiliki konsep yang baik," ujarnya.

Hidayatin menilai Edo punya niat jahat di balik prank tersebut. Dia mengaitkan hal yang dilakukan Edo dengan prank sampah yang dilakukan Ferdian Paleka.

"Ngerjain orang yang saya lihat mengirimkan sampah itu kan sudah ada niat yang nggak benar. Seperti yang ngirim sampah ke waria (Ferdian Paleka), itu kan ada sentimen dia ke kelompok itu. Nah kemudian ngerjainlah. Sebetulnya kita kalau punya sisi kemanusiaan yang buat kita tidak mungkin berbuat seperti itu," jelasnya.

Tonton video 'Lagi, YouTuber Ini Prank Kasih Daging Kurban Isi Sampah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2