Round-Up

Heboh Hadi Pranoto di Video Anji Disorot Satgas COVID-19 hingga IDI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 07:34 WIB
Anak asuh pertama Surya Atmadja, Hadi Pranoto, di Bogor, Rabu (1/7/2020).
Foto: Hadi Pranoto yang mengklaim menemukan 'obat COVID-19'. (Sachril/detikcom)

Soal Status 'Dokter' Hadi Pranoto

Di bagian paling awal video, Anji menyapa Hadi Pranoto dengan sapaan 'dok'. IDI lalu menyatakan tidak ada nama Hadi Pranoto di database dokter.

Atas hal itu, Hadi Pranoto mengatakan dia memang bukan dokter.

"Saya memang bukan dokter, saya nggak ada dong di databasenya IDI. Saya itu melakukan penelitian untuk emergency kemanusiaan, dan saya bergerak di bidang kemanusiaan untuk menolong saudara-saudara kita saat ini yang terpapar COVID-19, bagaimana mereka bisa selamat, mereka bisa beraktivitas kembali," kata Hadi Pranoto.

Hadi Pranoto Jawab Sorotan IDI

IDI menilai klaim Hadi Pranoto membahayakan hingga meminta polisi turun tangan mengusut. Hadi Pranoto lalu menanggapi komentar IDI itu.

"Kalau IDI punya tanggung jawab menangani COVID selama ini, harusnya tidak ada warga negara kita yang terjangkit akan COVID. Dan sekarang sudah banyak warga negara kita mati karena COVID dan terjangkit oleh COVID," kata Hadi Pranoto.

"Saya di sini tidak ngambil untung, tidak ngambil uang negara, saya tidak mencuri uang negara, saya buat obat saya bagi-bagi untuk nolong nyawa manusia, saudara-saudara kita, kenapa dia seperti itu? Kenapa harus seperti kebakaran jenggot begitu?" sambungnya.

Halaman

(azr/imk)