Rest Area Tol Cikampek-Jakarta KM 62 dan 52 Berlakukan Sistem Buka Tutup

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 00:58 WIB
Papan pemberitahuan rest area di Tol Cikampek, Rabu (8/7/2016). Foto: dok. Polres Karawang
Ilustrasi (Foto: Dok. Polres Karawang)
Jakarta -

Kepadatan masih terjadi di ruas Tol Cikampek arah Jakarta. Guna mengurai kemacetan, rest area pada kilometer 62 dan 52 diberlakukan sistem buka tutup.

Titik kepadatan arus balik Idul Adha malam ini ada pada gerbang tol Dawuan. Kemacetan juga terjadi di Karawang Timur kam 52.

"Informasi kemacetan saat ini masih pertemuan Dawuan dari arah Bandung ke arah Cikampek hingga rest area km 62 dan dari sekitaran Karawang Timur sekitaran km 52," ujar petugas call center PT Jasamarga, Ahmad Saat dihubungi, Senin (3/8/2020).

Ahmad mengatakan untuk mengurangi kemacetan itu, petugas memberlakukan buka tutup pada sejumlah rest area. Sistem buka tutup itu diberlakukan di rest area km 62 dan 52 arah Jakarta.

"Informasinya pemberlakuan di rest area km 62 dan 52 diberlakukan situasional buka tutup, jadi tidak ditutup total.

Sebelumnya, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati menyampaikan contra flow di tol Cikampek malam ini diperpanjang. Rekayasa lalu lintas ini awalnya diberlakukan dari km 65 sampai dengan km 47.

Namun malam ini contra flow diperpanjang dari km 69 sampai dengan km 47. Petugas melakukan pengaturan lalu lintas ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus balik Idul Adha.

Widyatmoko mengatakan pemberlakuan lawan arus merupakan diskresi pihak kepolisian. Jasamarga hanya mendukung kelancaran dengan menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

(lir/lir)