Arus Balik Idul Adha, Jalan Raya Sumedang-Bandung Macet

Muhamad Rizal - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 00:21 WIB
Macet di Jalan Raya Sumedang-Bandung
Foto: Macet di Jalan Raya Sumedang-Bandung (Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Arus lalu lintas di kawasan Jalan Raya utama Bandung-Cirebon Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terjadi kemacetan malam ini. Kepadatan kendaraan terjadi dari arah Cirebon-Sumedang menuju Bandung.

Pantauan di lokasi Minggu (2/8/2020), volume kendaraan terlihat padat di jalur tengah Bunderan Binokasih, Sumedang. Hingga akhirnya petugas kepolisian Lalu lintas Polres Sumedang melakukan upaya pengaturan lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Di mana lokasi ini cukup padat karena adanya penyempitan jalan.

Kasat Lantas Polres Sumedang, AKP Yudiono mengatakan kemacetan ini sudah mengalami peningkatan mulai sejak sore hari, karena hari ini adalah puncak arus balik libur Idul Adha.

"Dari sore tadi sudah mulai ada peningkatan, karena hari ini adalah arus balik terakhir karena hari senin masyarakat sudah mulai bekerja kembali," kata Yudiono saat ditemui dilokasi, Minggu (2/8/2020).

Selain itu, untuk mengurai kemacetan pada malam hari ini, kata Yudiono pihaknya melakukan upaya penangan arus lalu lintas dengan cara memberhentikan sementara truk-truk besar yang melintas agar dapat memperlancar arus lalu lintas dan juga tidak tidak menimbulkan kemacetan yang lebih panjang.

"Hanya saja kami mengimbau kepada kendaraan-kendaraan besar untuk sementara istirahat dulu dan kita prioritaskan dulu kendaraan kecil untuk dapat melaju ke arah Bandung," katanya.

Menurutnya, penyebab terjadinya kemacetan ini memang karena volume kendaraan yang cukup banyak sehingga menyebabkan terjadinya kepadatan.

"Penyebabnya memang volume kendaraan cukup banyak, jadi dari arah Cirebon menuju Bandung dan wilayah utara dan selatan pun sama. Mungkin ini arus balik," ucapnya.

Selain itu, salah satu warga, Asep (45) menyebutkan jika dirinya baru saja pulang mudik dari Kuningan menuju Kota Cimahi.

"Dari Kuningan mau ke Cimahi, baru pulang mudik. Kurang lebih hampir satu jam (terkena macet)," ujar Asep.

(lir/lir)