2 Orang Sembuh, Sumedang Zero Pasien Corona

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 20:43 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Sumedang -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumedang mengumumkan adanya dua pasien positif yang dinyatakan sembuh oleh tim medis RSUD Sumedang. Kini Sumedang dinyatakan zero kasus positif Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri mengatakan dua pasien itu berinisial IL (47) warga Dusun Sukahurip, dan DIA (21) warga Dusun Campaka.

"Sekarang Kabupaten Sumedang bisa dibilang zero pasien COVID-19," kata Iwa kepada detikcom melalui sambungan telepon, Sabtu (1/8/2020).

Iwa menyebutkan kedua pasien tersebut diisolasi pada waktu yang bersamaan sejak 26 Juli 2020. Setelah itu, keduanya dinyatakan sembuh tanpa ada gejala klinis.

"Kedua pasien ini diisolasi dan dirawat di RSUD dengan waktu yang bersamaan. Keduanya tidak ada gejala, sehingga diperbolehkan pulang pada hari ini," ucap Iwa.

Sebelumnya, ada 21 kasus positif COVID-19 di Sumedang. Jumlah tersebut terdiri 20 pasien berhasil sembuh setelah menjalani perawatan di RSUD Sumedang dan satu pasien lainnya meninggal.

Meski keseluruhan pasien positif telah sembuh, Iwa menegaskan, masyarakat diimbau jangan terlena dengan euforia kesembuhan pasien. Ia mewanti-wanti masyarakat tetap tidak boleh lengah dan selalu waspada terhadap penyebaran COVID-19.

"Walau seluruh pasien sudah sembuh, pandemi COVID-19 ini tetap belum selesai. Untuk itu masyarakat diimbau tetap waspada dan mentaati peraturan pemerintah dengan penuh disiplin sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19," ujar Iwa.

(bbn/bbn)