Soal Prostitusi Artis, Ini Pasal-pasal yang Menjadi Senjata Aparat

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 10:48 WIB
Foto ilustrasi untuk prostitusi artis
Gambar ilustrasi (Phil McCarten/Getty Images)

5. Pasal Kumpul Kebo, 284 KUHP

'Pasal kumpul kebo' adalah sebutan untuk Pasal 284 KUHP. Pasal ini bisa menjerat pria hidung belang yang terlibat prostitusi artis.

Dalam pasal kumpul kebo ini, pria pemesan prostitusi dan si aktris yang menjajakan diri bisa kena pidana bila salah satu pihak atau kedua belah pihak sudah menikah. Namun bila belum menikah, ya tidak bisa.

Namun pasal ini jangkauannya sangat terbatas karena merupakan delik aduan. Supaya pria pemesan dan aktris prostitusi itu kena pidana pasal ini, maka suami atau istri dari salah satu dari dua orang itu harus mengadu lebih dulu ke penegak hukum. Hal ini pernah disampaikan oleh Pakar kriminolog dan hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) Kristoforus Kleden.

Pasal 284
(1) Diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan:
1.
a. seorang pria yang telah kawin yang melakukan gendak (overspel), padahal diketahui bahwa pasal 27 BW berlaku baginya,
b. seorang wanita yang telah kawin yang melakukan gendak, padahal diketahui bahwa pasal 27 BW berlaku baginya;
2.
a. seorang pria yang turut serta melakukan perbuatan itu, padahal diketahuinya bahwa yang turut bersalah telah kawin;
b. seorang wanita yang telah kawin yang turut serta melakukan perbuatan itu, padahal diketahui olehnya bahwa yang turut bersalah telah kawin dan pasal 27 BW berlaku baginya.

(2) Tidak dilakukan penuntutan melainkan atas pengaduan suami/istri yang tercemar, dan bilamana bagi mereka berlaku pasal 27 BW, dalam tenggang waktu tiga bulan diikuti dengan permintaan bercerai atau pisah-meja dan ranjang karena alasan itu juga.

Pasal 27 BW yang dimaksud di atas pasal 27 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau dalam bahasa Belanda disebut burgerlijk wetboek (BW). Pasal 27 BW bunyinya 'Pada waktu yang sama, seorang lelaki hanya boleh terikat perkawinan dengan satu orang perempuan saja; dan seorang perempuan hanya dengan satu orang lelaki saja'.

Sidang kasus muncikari artis dengan terdakwa Robbi Abbas kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (1/10/2015). Dalam sidang tersebut mengadirkan saksi Amel Alvi yang diguda salah satu artis yang disewa Robby untuk  ditawarkannya. Lamhot Aritonang/detikcom.Robbi Abbas muncikari artis. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Halaman

(dnu/fjp)