Tak Ada Kenaikan Pengunjung di Ragunan-Ancol Saat Long Weekend Idul Adha

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 15:48 WIB
Taman Margsatwa Ragunan (TMR) kembali dibuka di masa PSBB transisi. Meski tidak seramai sebelum pandemi Corona, warga mulai berdatangan ke lokasi.
Ilustrasi suasana Kebun Binatang Ragunan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut jumlah pengunjung tempat wisata di Jakarta tidak mengalami kenaikan saat libur panjang akhir pekan (long weekend) Idul Adha pekan ini. Hal itu terlihat dari data pengunjung di Taman Marga Satwa Ragunan dan Ancol.

"Sepanjang ini tidak ada peningkatan pengunjung di Ragunan," ujar Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia saat dihubungi, Sabtu (1/8/2020).

Berdasarkan data yang ada, jumlah pengunjung di Taman Marga Satwa Ragunan per (1/8) pukul 13.00 WIB sebanyak 470 orang. Selain itu, ada 62 sepeda motor yang masuk ke Ragunan, 135 sepeda dan 50 mobil.

Sementara, jumlah pengunjung hari ini di Ancol mencapai 7 ribu hingga 8 ribu orang. Meski demikian, angka tersebut tidak mengalami kenaikan yang siginifikan dibanding saat akhir pekan biasanya.

Tonton juga 'DPRD DKI Desak Ragunan Kreatif Cari Pemasukan Lain':

[Gambas:Video 20detik]

"Ancol, alhamdulillah angkanya sekitar 7 ribu hingga 8 ribuan kalau weekend, hampir sama," katanya.

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan (Jaksel), menjadi destinasi alternatif rekreasi warga di DKI Jakarta. Pagi ini sejumlah pengunjung mulai mendatangi Ragunan.

Pantauan detikcom pukul 08.30 WIB di Ragunan, Sabtu (1/8), beberapa warga terlihat datang ke lokasi. Pengunjung yang datang ada yang berjalan kaki, memakai sepeda, motor, dan mobil.

Sebelum pengunjung memasuki Ragunan, petugas memeriksa suhu tubuh pengunjung. Kepada pengunjung yang belum melakukan registrasi, petugas meminta mereka melakukan registrasi manual.

Ragunan juga menyediakan hand sanitizer dan tempat mencuci tangan. Pengunjung diminta mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas di area Ragunan.

Di dalam Ragunan, terlihat sejumlah warga berolahraga. Banyak dari mereka yang berolahraga dengan menggunakan sepeda.

Diketahui, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dibuka sejak 20 Juni lalu. Pada masa PSBB transisi, tempat rekreasi dan kebun binatang di DKI Jakarta dibatasi jumlah pengunjung dengan kapasitas 50 persen.

"Taman Rekreasi dan Kebun Binatang, jumlah pengunjung/tamu maksimal 50% dari kapasitas. Tidak diperbolehkan bagi anak-anak dan ibu hamil," begitulah bunyi protokol per sektor dari Pemprov DKI Jakarta yang diterima detikcom, Kamis (4/6).

Pengunjung yang ingin mendatangi Ragunan bisa mendaftarkan diri H-1 sebelum kunjungan melalui web resminya. Ibu hamil dan anak-anak tidak boleh berkunjung.

(dnu/dnu)