Ragam Alasan Warga ke Ragunan: Olahraga-Isi Liburan Idul Adha

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 11:33 WIB
Nur (kiri) bersama keluarganya mengunjungi Ragunan
Nur (kiri) bersama keluarganya menghabiskan akhir pekan di Ragunan (Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga memilih Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, sebagai destinasi liburan di akhir pekan. Beberapa pengunjung di Ragunan pun turut membawa keluarga mereka untuk berlibur hingga berolahraga.

Salah seorang pengunjung di TMR bernama Nur (44) datang ke TMR bersama suami, kedua anaknya, sepupunya, serta keponakannya. Nur mengaku sengaja datang ke Ragunan untuk berolahraga. Menurutnya sejak masa pandemi COVID-19, keluarganya tak bisa pergi ke mana-mana.

"Pertama memang mau olahraga karena kan sejak pandemi kita nggak bisa kemana-mana," kata Nur di Ragunan, Jalan Harsono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (1/8/2020).

Nur menambahkan sejak Ragunan kembali dibuka di masa PSBB Transisi, keluarganya rutin datang ke Ragunan. Hal tersebut guna mencari udara segar dan menghilangkan rasa jenuh berada di rumah.

"Karena kalau nggak begini kita nggak ketemu karena nggak mungkin kita saling kunjung mengunjung ke rumah atau mal, enggak. Jadi hiburannya ke sini aja," ucap Nur.

Suasana Ragunan Sabtu (1/8/2020) pagiSuasana Ragunan Sabtu (1/8/2020) pagi Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom

Warga lainnya, Ibet (46) juga mengunjungi Ragunan bersama keluarganya. Ibet sengaja datang ke Ragunan untuk mengisi waktu liburan Hari Raya Idul Adha bersama keluarga.

"Liburan hari raya. Anak anak kan selama pandemi tidak pernah keluar rumah. Jadi pas hari raya ini mereka minta keluar. Mereka mintanya ke Ragunan karena memang belum pernah. Ini pertama kalinya kita ke sini," kata Ibet di lokasi.

Sebagai ibu, Ibet mengaku masih memiliki kekhawatiran untuk pergi ke tempat wisata di tengah pandemi. Namun, ia telah menyiapkan protokol kesehatan pribadi.

"Bawa hand sanitizer saya, pakai masker, cuci tangan kan cukup bagus di sini. Mau masuk ke sini pakai hand sanitizer," ucap Ibet.

Suasana Ragunan Sabtu (1/8/2020) pagiSuasana Ragunan Sabtu (1/8/2020) pagi Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom

Diketahui, Taman Margasatwa Ragunan (TMR) telah dibuka sejak 20 Juni lalu. Di masa PSBB transisi, tempat rekreasi dan kebun binatang di DKI Jakarta dibatasi jumlah pengunjungnya dengan kapasitas 50 persen.

Pengunjung yang ingin mendatangi Ragunan bisa mendaftarkan diri H-1 sebelum kunjungan melalui web resminya. Sementara, Ibu hamil dan anak-anak tidak boleh berkunjung.

Tonton video 'DPRD DKI Desak Ragunan Kreatif Cari Pemasukan Lain':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)