Round-Up

6 Fakta Penggemar Veronica Tan Ditangkap Gegara Hina Ahok-Puput

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 06:01 WIB
Dua pelaku pencemaran nama baik terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dibekuk polisi. Satu pelaku kini telah berada di Polda Metro Jaya.
Tersangka penghina Ahok (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok lapor ke polisi karena dia dan sang istri, Puput Nastiti Devi, dihina di media sosial. Penghinanya ternyata penggemar mantan istri Ahok, Veronica Tan.

Berikut fakta-fakta yang dirangkum mulai dari Ahok lapor polisi hingga pelaku ditangkap:

Ahok Lapor Pencemaran Nama Baik

Pelaporan ini awalnya diungkap oleh kuasa hukum Ahok, Ahmad Ramzy. Ternyata, dia sudah melapor sejak 17 Mei 2020 lalu. Laporan tersebut terdaftar di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya dengan nomor polisi LP/2885/V/YAN 25/2020/SPKT PMJ/Tanggal: 17 Mei 2020.

Dua akun Instagram yang dipolisikan adalah @ito.kurnia dan @an7a_s679. Ditelusuri detikcom, Kamis (30/7/2020), akun @an7a_s679 sudah menghilang. Sedangkan akun @ito.kurnia masih aktif dengan posting-an terakhir dua hari lalu.

Alasan Ahok akhirnya melaporkan akun-akun itu adalah karena posting-an akun tersebut sangat merugikan keluarga. Tak hanya Ahok, sang ibu dan istri juga dihina akun itu.

"Benar memang akun-akun ini sudah sangat keterlaluan sehingga Pak BTP dan keluarga merasa sangat dirugikan," kata Ramzy

Pelaku Ditangkap di Medan dan Bali

Polda Metro Jaya akhirnya berhasil menangkap dua pelaku di Medan dan Bali. Keduanya adalah EJ pemilik akun Instagram @an7a_s679 dan KS pemilik Instagram, @ito.kurnia.

Dalam jumpa pers, KS ditampilkan sementara EJ masih dalam perjalanan dari Medan. KS merupakan seorang perempuan berusia 67 tahun. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut akun itu pernah menyandingkan foto Puput dengan binatang.

"KS di akun IG-nya beberapa kali mem-posting pencemaran nama baik ke Ahok dan istrinya. Pertama dia menyandingkan foto istri Basuki dan anaknya ini dengan binatang dan disandingkan dengan beberapa kalimat-kalimat yang tidak pantas," kata Yusri dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/7/2020).

"Dan itu sudah masuk ke unsur-unsur pencemaran nama baik," tambahnya.

Tonton video 'Polisi Tangkap 2 Pelaku Pencemaran Nama Baik Ahok':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3