Round-Up

Kontroversi Bupati di Sumatera Umumkan Positif Corona Tatap Muka

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 05:31 WIB
Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam.
Foto: Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam. (Raja Adil Siregar-detikcom)
Ogan Ilir -

Aksi Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam, saat mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19 menjadi kontroversi. Bagaimana tidak, orang nomor 1 di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, ini menggelar pengumuman lewat pertemuan tatap muka dengan wartawan.

Pengumuman dirinya positif COVID-19 itu dilakukan pada Senin (27/7/2020). Ilyas mengundang wartawan untuk hadir mengikuti konferensi pers yang digelar di rumahnya.

Padahal dalam konferensi pers itu, Ilyas sudah mengetahui dirinya positif COVID-19. Aksi Ilyas mengundang wartawan inilah yang mendapat kecaman dari berbagai pihak, khususnya komunitas pers di Sumatera Selatan.

"Seharusnya Bupati Ogan Ilir ini tahu bahwa posisinya sudah positif dan harus karantina mandiri. Apalagi OTG. Jangan bertemu dengan banyak orang dulu, apalagi menggelar konferensi pers dengan awak media. Ini bisa membahayakan karena bisa menulari orang lain disekitarnya," kata Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Firdaus mengatakan seharusnya Ilyas atau siapapun yang sudah dinyatakan positif COVID-19 paham dan sadar untuk melakukan isolasi mandiri. Apalagi, sebagai seorang pejabat, Ilyas dinilai harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Firdaus pun meminta Tim Gugus Tugas COVID-19 setempat melakukan pelacakan riwayat kontak terhadap awak media yang meliput konferensi pers di rumah Ilyas. Dia menilai hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona lebih meluas.

Ketua AJI Palembang, Prawira Maulana, juga menyayangkan aksi Ilyas Panji. Dia menilai pengumuman soal Ilyas positif COVID bisa dilakukan dengan cara lain.

"Misalnya dengan surat terbuka atau konferensi pers secara virtual," ujarnya.

Tonton video 'Suasana Duka Pemakaman Pasien Covid-19 di Polewali Mandar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2