Nadiem Ungkap Kurikulum untuk Pembelajaran Jarak Jauh Segera Rampung

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 14:58 WIB
Mendikbud Nadiem dan Wali Kota Bima Arya di SMP Muhammadiyah Bogor
Mendikbud Nadiem dan Wali Kota Bima Arya di SMP Muhammadiyah Bogor. (Rahel/detikcom)
Bogor -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan Kemendikbud segera merampungkan kebijakan terkait penyederhanaan kurikulum untuk proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat pandemi Corona. Dia meminta masyarakat bersabar menunggu.

"Dalam waktu dekat. Bukan sedang mengkaji, sedang diselesaikan. Jadi sebenarnya dalam waktu dekat kami akan memberikan suatu paket kebijakan berhubungan dengan kurikulum. Jadi mohon ditunggu. Sangat dekat kok waktunya," kata Nadiem di SMP Muhammadiyah Bogor, Jalan Pahlawan, Gang Raden Saleh, Empang, Kota Bogor Selatan, Bogor, Kamis (30/7/2020).

Nadiem menjelaskan inti penyederhanaan kurikulum ini dimaksudkan untuk memberikan kepercayaan diri kepada para guru. Nadiem ingin perampingan kurikulum membuat guru tidak hanya berfokus pada hafalan dan konsep, tapi juga pada apa yang dibutuhkan siswa.

"Tapi esensinya sama dengan yang didiskusikan sekarang ini, memberi guru-guru kepercayaan diri untuk melakukan penyederhanaan atau perampingan terhadap konten atau materi kurikulum sehingga guru-guru bisa fokus ke yang lebih esensial dan kondisional yang benar-benar siswa mengerti maksud saya apa. Jangan semua kelengkapan yang penting, tapi pendalaman konsep yang fundamental," ujar Nadiem.

Selanjutnya
Halaman
1 2