Gubernur Riau Minta Pelaksanaan Salat Idul Adha Patuhi Protokol Kesehatan 

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 13:17 WIB
Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir-detikcom)
Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru -

Gubernur Riau Syamsuar meminta semua panitia pelaksanaan salat Idul Adha 1441 Hijriah tegas kepada jemaah agar mengikuti protokol kesehatan. Imbauan ini guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Saya harapkan, dalam pelaksanaan salat Id agar tetap mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19 yang masih tinggi di Riau saat ini," kata Syamsuar dalam perbincangan dengan detikcom di Posko Gugus Tugas di Jl Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (30/7/2020).

Syamsuar berharap masyarakat yang akan melaksanakan salat Id, baik di lapangan terbuka maupun masjid, semuanya harus mengikuti protokol kesehatan. Di setiap lokasi pelaksanaan salat Id, harus disediakan tempat cuci tangan dengan sabun serta alat pengukur suhu tubuh.

"Jemaah yang datang harus menggunakan masker dan membawa sajadah masing-masing. Protokol kesehatan ini harus kita patuhi bersama demi memutus mata rantai virus Corona ini," kata Syamsuar.

Orang nomor satu di Riau ini juga meminta agar pelaksanaan salat Id tetap menjaga jarak satu. Khutbah dalam salat Id juga diminta diperpendek tanpa mengurangi makna.

"Saat ini kita masih dalam kondisi yang darurat, dan masih mencegah penyebaran COVID-19. Jadi dalam pelaksanaan khutbah salat Id pun dipersingkat saja. Ndak usah lama-lama situasi kita saat ini bukan seperti dulu," tegas Syamsuar.

Karena itu, Syamsuar mengajak kesadaran masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama saat beraktivitas di luar rumah. "Kesadaran dari kita sendiri itu sangat penting sehingga kita bisa sama-sama mencegah penularan COVID-19. Dan perlu diingat, saat ini seluruhnya terjadi peningkatan jumlah kasus, termasuk di tempat kita," kata Syamsuar.

(cha/lir)