3 Menit, Seperti Ini Berdiri Tegak dan Sikap Sempurna untuk 17 Agustus

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 10:59 WIB
Sejumlah siswa SMP di Pulau Simeulue, Aceh, berbaris rapi dengan posisi sikap sempurna. Mereka mengikuti latihan baris berbaris yang diberikan oleh anggota TNI.
Foto ilustrasi, tidak berhubungan langsung dengan berita. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Istana Kepresidenan mengimbau masyarakat untuk mengambil sikap sempurna dan berdiri tegak selama tiga menit pada peringatan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia nanti. Seperti ini definisi berdiri tegak dan sikap sempurna untuk 17 Agustus nanti.

"Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi," ujar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden, Rabu (29/7/2020).

Arti posisi berdiri tegak dan sikap sempurna ada dalam peraturan yang berlaku mengenai peringatan 17 Agustus serta baris-berbaris, dihimpun detikcom.

Berdiri tegak

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan mengatur bahwa 'berdiri tegak dan sikap hormat' diwajibkan saat Lagu Kebangsaan (Indonesia Raya) diperdengarkan. Hal tersebut diatur dalam Pasal 62. Berikut adalah penjelasannya.

Penjelasan atas UU No 24/2009

Pasal 62
Yang dimaksud dengan "berdiri tegak dengan sikap hormat" pada
waktu lagu kebangsaan diperdengarkan/dinyanyikan adalah berdiri tegak di tempat masing-masing dengan sikap sempurna, meluruskan lengan ke bawah, mengepalkan telapak tangan, dan ibu jari menghadap ke depan merapat pada paha disertai pandangan lurus ke depan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V, berdiri tegak berarti adalah berdiri lurus. Tegak berarti berdiri lurus arah ke atas.

Masyarakat Diminta Berdiri Tegak Pada 17 Agustus Pukul 10.17 WIB:

[Gambas:Video 20detik]