Wali Kota Depok: Lomba Agustusan Diperbolehkan, tapi Jangan Berkerumun

Jehan Nurhakim - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 16:43 WIB
Wali Kota Depok M Idris
Wali Kota Depok M Idris (Jehan/detikcom)
Depok -

Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad memperbolehkan perlombaan menyambut Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus. Namun masyarakat diimbau tidak membuat kerumunan dan tetap mematuhi protokol kesehatan tentang COVID-19.

"Intinya lomba-lomba itu boleh, tapi dibatasi agar tidak terjadi kerumunan dan (patuhi) ketentuan protokol kesehatan," kata Idris kepada wartawan di lapangan Balai RW 01 Depok Jaya, Pancoranmas, Kota Depok, Selasa (28/7/2020).

Idris mengimbau panitia membuat perlombaan yang lebih kreatif. "Jangan kita sudah umur lebih, lombanya makan kerupuk mulu, kreatif dikit," ucapnya.

Lebih lanjut Idris menyarankan panitia memenuhi ketentuan yang berlaku agar perlombaan Agustusan ini tidak memunculkan klaster baru. Lansia dan anak-anak diminta tidak mengikuti perlombaan.

"Berdasarkan itu, untuk pertandingan yang lain atau sebagainya, ini harus memenuhi ketentuan tadi. Persertanya-panitianya harus dijaga benar-benar. Apalagi mengundang anak-anak biasanya, lansia kita sarankan tidak mengikuti kerumunan seperti ini. Anak-anak juga begitu," jelasnya.

Sementara itu, untuk peringatan HUT kemerdekaan, upacara pengibaran bendera dilakukan di pusat. Seluruh kepala daerah mengikuti detik-detik proklamasi melalui daring.

"Dalam surat edarannya, jadi hanya detik-detik proklamasi. Seluruh kepala daerah wajib mengikuti detik-detik proklamasi di YouTube atau di TVRI. Arahannya seperti itu," tuturnya.

Daerah diperbolehkan melaksanakan upacara dengan sangat sederhana.

"Misalnya tidak ada Paskibraka atau sudah dikibarkan pukul 07.00-08.00 WIB itu daerah-daerah. Itu hanya dua orang, kebetulan sudah dikibarkan," ucapnya.

(mea/mea)