Pemprov DKI Klaim Case Fatality Rate Corona Jakarta 3,9 Persen

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 19:50 WIB
Kasus Corona di Indonesia masih jadi sorotan. Dinkes Provinsi DKI Jakarta pun membenarkan data yang tampilkan 68 perkantoran di DKI jadi klaster virus Corona.
Suasana masa pandemi Corona di Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI menyebut case fatality rate Corona di Jakarta saat ini 3,9 persen. Angka ini diklaim tidak beda jauh dengan case fatality rate secara nasional, yakni 4,8 persen.

Untuk diketahui, case fatality rate Corona merupakan proporsi kematian dibanding total kasus positif.

"Kami sampaikan juga, case fatality rate atau angka meninggal dibanding sakit di Jakarta saat ini, (per) 28 Juli 3,9 persen. Indonesia 4,8 persen, dan global 3,9 persen," kata Kadinkes DKI dr Widyastuti dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (28/7/2020).

Dia menjelaskan angka kematian terbanyak disumbang oleh masyarakat yang terpapar Corona pada usia 60 tahun ke atas. Sementara itu, kasus positif terbanyak dialami oleh masyarakat berusia 20-49 tahun.

"Meskipun (kasus positif) tertinggi di usia 20-50 tahun, angka kematian tertinggi ada di usia lebih 60 tahun, karena rawannya usia 60 tahun dibanding usia lain. Tentu ada faktor penambah lain selain usia," jelasnya.

Data kasus Corona di Jakarta hari ini seperti dilihat dari situs corona.jakarta.go.id mencapai 19.885 kasus. Sedangkan kasus sembuh berjumlah 12.373, dan total kasus kematian mencapai 795 kasus.

(eva/gbr)