Ada Deal Gubernur Sulsel-YOSS, Pengosongan Mattoanging Selesai dengan Aman

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 10:21 WIB
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta bertemu di Stadion Mattoanging (Hermawan-detikcom).
Foto: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta bertemu di Stadion Mattoanging (Hermawan-detikcom).
Makassar -

Pengosongan Stadion Stadion Andi Mattalatta di kawasan Mattoanging, Makassar selesai dengan aman tanpa personel polisi datang ke lokasi. Ada deal antara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dengan Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta.

"(Pengosongan YOSS dari Stadion Mattoanging) sudah selesai, sudah deal-deal antara pengelola, YOSS dengan pihak Pemprov, sudah selesai, aman," ujar Kabag Ops Polrestabes Makassar AKBP Anwar Danu kepada detikcom, Selasa (28/7/2020).

Apel persiapan pengamanan pengosongan Stadion Mattoanging di Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).Foto: Apel persiapan pengamanan pengosongan Stadion Mattoanging di Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).

Anwar mengungkapkan, dengan adanya deal-deal antara Nurdin dengan Andi Ilham, 300 personel kepolisian yang sudah disiagakan di Rujab Gubernur Sulsel sejak pagi tidak terjun ke Mattoanging. Usai apel di lapangan Rujab, personel gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP langsung kembali ke markas.

"Kita ndak tahu solusinya, karena itu internal antara YOSS dengan Pemprov, karena tadi itu antara Gubernur dengan Pak Mattalatta itu satu mobil dia ke Stadion. Selama di Stadion ngobrol-ngobrol di dalam, sudah selesai, aman," tuturnya.

Sementara itu, pantauan detikcom di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, sejak pukul 06.00 Wita personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP hingga kendaraan taktis disiagakan. Apel pengamanan dimulai sekitar pukul 09.00 Wita.

Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).Foto:Kendaraan taktis polisi di Rujab Gubernur Sulsel disiagakan sejak pagi untuk pengamanan pengosongan Mattoanging (Hermawan-detikcom).

Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono mengatakan 300 pasukan yang disiagakan itu terdiri dari 100 personel Polrestabes, 100 dari Sabhara Polda, dan 100 dari Brimob.

"Mereka mau mengamankan atau mengosongkan wilayah Mattoanging yang memang sudah menjadi kesepakatan kemarin, penyerahan yaitu merupakan aset Pemprov yang sudah disepakati bersama," ujar Kombes Yudhiawan kepada detikcom.

Sehari sebelumnya, Sekda Sulsel Abdul Hayat Gani memang telah mengirim surat ke Polda Sulsel berisi permohonan bantuan pengamanan untuk taksasi dan pengosongan Stadion Mattoanging.

"Ini hari persuratan ke Kapolda, sudah saya antar surat. Besok (hari ini, red) lakukan langkah-langkah (penertiban) itu kemudian kita mencoba melakukan sesuai standar SOP, sesuai aturan yang ada," kata Abdul Hayat kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel pada Senin (27/7) kemarin.

Saat personel gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP tengah persiapan apel pengosongan Stadion Mattoanging di lapangan Rujab, pada sekitar pukul 09.08 Wita Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bergerak menuju Stadion Mattoanging menemui pihak YOSS.

Ditemui di Mattoanging, Nurdin mengatakan pihaknya mengedepankan upaya komunikasi kekeluargaan dalam penyelesaian Mattoanging.

"Sulsel ini punya adat istiadat yang tidak boleh luntur, yaitu sipakatau, sipakalebbi, sipakainge. Jangan kita generasi baru ini hilang dari Budaya itu. Enakan kita duduk bersama-sama memikirkan bagaimana keberlangsungan stadion ini," kata Nurdin saat ditemui di Stadion Mattoanging.

Lebih lanjut Nurdin meminta agar pihaknya tidak dibenturkan dengan YOSS terkait pengelolaan Stadion Mattoanging. Saat ini Pemprov Sulsel akan fokus merenovasi Mattoanging dengan anggaran awal sebesar Rp 200 miliar dari APBD.

"Tentu nanti ada pengelolanya, sampai hari ini Pemerintah Provinsi belum ada berfikir siapa yang akan mengelola, kita akan bersama-sama YOSS membangun ini," tuturnya.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta bertemu di Stadion Mattoanging (Hermawan-detikcom).Foto: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta bertemu di Stadion Mattoanging (Hermawan-detikcom).

Sementara itu, Ketua YOSS Andi Karim Beso menyebut pengosongan pihaknya dari Mattoanging memang tidak dilakukan.

"Intinya itu Pak Gubernur itu sangat baik mengatakan, kita duduk sama-sama dulu bicarakan apa yang mau kita lakukan, apakah persoalan gambarnya, persoalan perencanaan, urusan kelola selanjutnya nanti. Jadi tidak ada pengosongan," kata Andi Karim di Mattoanging.

Tonton video 'Batu-Busur Melayang Saat Pol PP Lakukan Penertiban di Mattoanging':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)