Pemprov Sulsel Akan Kosongkan Mattoanging, TNI-Polri Apel di Rujab Gubernur

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 07:06 WIB
Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).
Foto: Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).
Makassar -

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pagi ini akan mengosongkan Stadion Andi Mattalatta di kawasan Mattoanging, Makassar. Personel gabungan TNI, Polri, hingga Satpol PP menggelar apel persiapan di Rujab Gubernur Sulsel.

Pantauan detikcom di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Selasa (28/7/2020), sejak pukul 06.00 Wita kendaraan taktis polisi sudah bersiaga di sekitar Rujab. Sementara personel TNI, Polri, dan Satpol PP sudah bersiap di lapangan Rujab untuk mengikuti apel penertiban Mattoanging.

Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).Foto: Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).

Personel yang mengikuti apel pagi ini di antaranya ada dari TNI, Brimob Polda Sulsel, Tim Penikam Polrestabes Makassar, Raimas, Satlantas, Sabhara, Satpol PP Pemprov Sulsel, hingga Satpol PP Pemkot Makassar.

Pemprov Sulsel akan mengosongkan Stadion Mattoanging yang masih diduduki Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) yang sebelumnya mengelola Mattoanging. Pada Senin (28/7) lalu Sekda Sulsel Abdul Hayat telah menggelar rapat bersama Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan membahas mekanisme penertiban Mattoanging sesuai aturan yang berlaku.

"Ini hari persuratan ke Kapolda, sudah saya antar surat. Besok -hari ini- lakukan langkah-langkah (penertiban) itu kemudian kita mencoba melakukan sesuai standar SOP, sesuai aturan yang ada," kata Abdul Hayat kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel pada Senin (27/7) kemarin.

Abdul Hayat mengatakan pihaknya tidak bisa lagi menunda rencana renovasi Stadion Mattoanging. Terkait YOSS yang masih menutup pagar kompleks Stadion, Abdul Hayat mengatakan hari ini akan dibuka oleh petugas.

"Sudah ada SOP, dengan berbagai (cara) pengamanan untuk ambil alih. Kalau ditutupkan bisa dibuka lagi," paparnya.

Diketahui, YOSS telah menyerahkan aset Stadion Mattoanging kepada Pemprov Sulsel pada 2 Maret 2020 lalu. Penyerahan simbolis dari Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat itu terjadi setelah Pemprov Sulsel dengan YOSS terlibat perseteruan soal kepemilikan Mattoanging.

Personel TNI, Polri, hingga Satpol PP bersiap melakukan pengosongan Stadion Mattoanging dari Rujab Gubernur Sulsel (Hermawan-detikcom).Foto: Kendaraan taktis polisi disiagakan untuk menertibkan Mattoanging (Hermawan-detikcom).

Meski telah menyerahkan Mattoanging ke Pemprov Sulsel, YOSS tetap memantau dan mengikuti proses gugatannya ke Pemprov Sulsel di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar terkait pengelolaan Stadion Mattoanging, dan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar terkait sertifikat kepemilikan Mattoanging.

"Itu (gugatan di pengadilan) kita lihat nanti perkembangannya, karena ini kan dalam (proses). Sudah sementara berjalan tapi insyaallah sampai sejauh mana (proses pengadilan) kan masih ada pembicaraan lagi nanti," ujar Ketua Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta usai menyerahkan Stadion Mattoangin ke Pemprov Sulsel saat itu.

Sementara itu Pemprov Sulsel dengan dana Rp 200 miliar dari APBD 2020 terus mengebut proses renovasi stadion. Namun di sisi lain YOSS masih menduduki kantornya di kawasan Mattoanging hingga hari ini.

Tonton video 'Jokowi Minta TNI-Polri Manfaatkan Pandemi untuk Memperkokoh Bangsa':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/zap)