Round-Up

Tragedi Bocah 12 Tahun di Pinrang Seret Eks Suami Jadi Tersangka Persetubuhan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 22:34 WIB
Pernikahan antara B (44) yang menikahi gadis yang masih 12 tahun di Pinrang, Sulsel (dok. Istimewa).
Pernikahan B (44) dengan gadis yang masih berusia 12 tahun di Pinrang, Sulsel. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kasus pernikahan di bawah umur di Pinrang, Sulawesi Selatan, sampai pada babak baru. Polisi telah menetapkan Baharuddin (44), seorang terapis asal Kota Makassar, sebagai tersangka.

Baharuddin merupakan mempelai pria dalam pernikahan itu. Seperti diberitakan sebelumnya, polisi turun tangan lantaran pernikahan melibatkan bocah berusia 12 tahun, NS.

"Setelah kita lakukan gelar perkara pada Jumat pekan lalu, kami tetapkan Baharuddin, yakni suami siri korban, menjadi tersangka. Namun saat ini sudah bukan lagi berstatus suami karena telah diceraikan," ujar Kasat Reskrim Polres Pinrang AKP Dharma Praditya Negara, Senin (27/7/2020).

Baharuddin dijadikan tersangka karena saat diperiksa oleh penyidik, dia terbukti mengetahui NS berusia di bawah umur. Polisi menjerat Baharuddin dengan Pasal 288 KUHP tentang perkawinan di bawah umur.

"Kami di sini menerapkan pasal 288 KUHP, di mana yang bersangkutan mengetahui jika yang akan dinikahinya adalah anak di bawah umur, namun kami tetap berkoordinasi dengan ahli di mana dengan ahli inilah nanti kami akan mengajukan berkas ini ke jaksa penuntut umum," jelas Dharma.

Dharma menjelaskan Baharuddin tak ditahan dengan pertimbangan kondisi fisiknya yang difabel. Dharma juga menyebut Baharuddin bersikap koperatif selama proses penyelidikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2