Cari Tersangka Gadis 12 Tahun Nikah di Pinrang, Polisi Gelar Perkara Besok

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 17:26 WIB
Pernikahan antara B (44) yang menikahi gadis yang masih 12 tahun di Pinrang, Sulsel (dok. Istimewa).
Foto: Pernikahan antara B (44) yang menikahi gadis yang masih 12 tahun di Pinrang, Sulsel (dok. Istimewa).
Makassar -

Polisi bakal melakukan gelar perkara penetapan tersangka kasus pernikahan gadis berusia 12 tahun di Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), besok. Gelar perkara tersebut untuk menentukan apakah ada tersangka atau tidak.

"Rencana besok (gelar perkara), tinggal tunggu kesiapan (penyidik)," kata Kasat Reskrim Polres Pinrang AKP Dharma Negara kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Kasus pernikahan anak gadis berusia 12 tahun, NF, dengan seorang terapis pijat, B (44), sejak awal telah beralih statusnya dari penyelidikan ke penyidikan. Kali ini polisi akan mencari siapa tersangka dalam kasus ini.

"Sudah naik (ke penyidikan), sekarang tinggal gelar perkara apakah ada tersangka lain atau tidak," ucap Dharma.

Diberitakan sebelumnya, pernikahan NF dengan B, diinvestigasi tim gabungan dari kepolisian dan P2TP2A Pinrang, karena telah menyalahi UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang UU Perkawinan.

UU yang diteken Presiden Jokowi pada 14 Oktober 2019 itu menyebut pasangan sebelum berusia 19 tahun tidak bisa menikah.

Dalam investigasi tersebut pula terbongkar bahwa NF yang masih anak-anak dinikahkan keluarga ke seorang terapis pijat demi untuk menutupi aib. Sebab NF jadi korban pencabulan ayah tiri, Sappe (39). Sappe sendiri telah lebih dulu ditetapkan tersangka kasus pencabulan.

(jbr/jbr)