Dicekal ke Luar Negeri oleh Polri, Ini Respons Pengacara Djoko Tjandra

Wilda Nufus - detikNews
Senin, 27 Jul 2020 16:49 WIB
Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking
Foto: Anita Kolopaking. (Rahel Narda Catherine/detikcom).
Jakarta -

Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking menanggapi terkait pencekalan ke luar negeri yang dilayangkan Polri terhadap dirinya. Dia menyebut hal tersebut wajar dilakukan untuk pemeriksaan.

"Nggak apa-apa, itu dalam rangka pemeriksaan buat saya wajar-wajar saja. Wajar kok nggak apa-apa, nggak ada yang aneh, buat saya itu semua yang dijalankan itu adalah hal yang wajar," kata Anita kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (27/7/2020).

Anita mengaku tidak masalah jika hasil pemeriksaan akan mengubah statusnya. Dia menyebut Tuhan senantiasa menolongnya.

"Siap dong, Allah kok penolong saya," ujarnya.

Diketahui, Polri melakukan pencekalan terhadap pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Pencekalan itu terhitung sejak Rabu (22/7).

"Kemarin tanggal 22 Juli dari tim Bareskrim Polri kepada kantor Imigrasi Kelas 1 Bandara Soekarno-Hatta, perihal permohonan pencegahan ke luar negeri atas nama Anita Dewi Anggraeni Kolopaking," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (24/7).

Argo mengatakan pencekalan itu dikirimkan sejak Rabu (22/7). Pencekalan itu akan dilakukan hingga 20 hari ke depan.

"Jadi telah dilakukan pencekalan sementara selama 20 hari ke depan mulai dari 22 Juli," terang Argo.

Hari ini Anita menjalani pemeriksaan di Kejagung terkait video pertemuan dirinya dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Nanang Supriatna. Nanang sendiri sudah diperiksa internal kejaksaan berkaitan dengan Djoko Tjandra.

Dalam video yang beredar, Nanang tampak bertemu dengan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Selain memeriksa Kajari Jakarta Selatan, Kejagung juga memeriksa Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Kasi Intelijen dan petugas yang bekerja kala itu. Kejagung juga akan menjadwalkan pemeriksaan pada minggu depan terhadap orang-orang yang turut terlibat dalam pertemuan itu.

Tonton video 'Jaksa Minta Hakim Tolak Permohonan Sidang PK Daring Djoko Tjandra':

[Gambas:Video 20detik]



(elz/ear)