Round-Up

Pria Berjaket Palu Arit Bikin Geger, Ternyata Gangguan Jiwa

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Jul 2020 22:04 WIB
Poster
Foto ilustrasi: Edi Wahyono
Bogor -

Seorang pria membuat heboh media sosial dengan memakai jaket berlogo palu arit. Pria itu mengaku komunis.

Video itu berdurasi 2.28 menit. Di video itu terlihat seorang pria berambut panjang membawa jaket yang dicat logo palu arit. Pria tersebut bernama Raden Supriadi dan mengaku berasal dari Karadenan, Bogor. Terlihat juga bendera partai di lokasi pria tersebut diamankan.

Warga tampak menginterogasi pria tersebut. Mereka menanyakan alasan pria tersebut memakai jaket dicat logo palu arit.

"Iya saya tahu, bahwa emang gua orang komunis, silakan, tapi gua komunis gua pribadi tidak ada sangkut paut terhadap partai PDI," ujar pria tersebut menjawab pertanyaan warga.

Polisi Sebut Pria Itu Mengalami Gangguan Jiwa

Video ini dengan cepat menyebar di media sosial, Kasat Reskrim Polres Bogor Kota, AKP Firman Taufik, membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan pria itu sudah diamankan di wilayah Talang, Bogor Utara.

"Benar diamankan, itu diserahkan sama warga, cuma ternyata orang itu orang dalam gangguan jiwa, ada surat keterangannya," kata Firman saat dihubungi, Minggu (26/7/2020).

Firman mengatakan pria tersebut awalnya diamankan warga pada Sabtu (25/7) malam. Pria itu kemudian diserahkan ke Intel Polres Bogor Kota.

Setelah diperiksa, pria tersebut ternyata mengalami gangguan jiwa. Hal itu dibuktikan dengan surat keterangan gangguan jiwa.

"Orang tersebut mengalami gangguan jiwa (ODGJ) hal itu dipastikan oleh RT/RW-nya dengan memperlihatkan surat keterangan dari RS Jiwa," ujar Firman.

Sementara itu, logo palu arit di jaket yang dibawa pria tersebut bukan hasil cetakan dan hanya digambar memakai cat semprot.

(zap/isa)