Round-Up

Kisah 5 Rumah Diblokade Tembok Tetangga dari Bintaro hingga Ponorogo

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 22:02 WIB
rumah tertutup tembok
Foto: Rumah tertutup tembok tetangga di Ponorogo. (Charoline Pebrianti)
Jakarta -

Rumah Wisnu Widodo di Ponorogo, Jawa Timur ditutupi pagar tembok oleh tetangganya gegara ribut soal kotoran ayam. Kisruh ini menambah panjang daftar rumah-rumah yang juga heboh diblokade tetangga.

Kisah terbaru, Wisnu terpaksa lewat gang kecil sebagai akses masuk ke rumahnya. Gang itu pun hanya bisa dilewati oleh satu orang karena sempit dan diapit oleh dua bangunan rumah lain. Keluarga Wisnu pun mau tak mau terpaksa lewat gang ini.

Kades Gandu Kepuh Suroso menjelaskan awalnya Widodo dan Mistun, tidak ada permasalahan. Widodo membangun rumah di belakang, sedangkan dua saudaranya membangun dua rumah di bagian depan. Sementara itu, Mistun, yang kembali dari luar negeri, membangun rumah di belakang Widodo.

Permasalahan muncul, kata Suroso, saat Widodo memelihara ayam pada 2016. Saat itu, ayam milik Widodo sering nyelonong ke rumah Mistun.

"Namanya ayam kan buang kotoran sembarangan. Nah, Mistun kadang menginjak kotoran ayam, marah," tutur Suroso saat ditemui detikcom di rumahnya, Sabtu (25/7/2020).

Akhirnya Mistun pun memagari keliling batas rumahnya dengan tembok setinggi 1 meter. Tujuannya agar ayam Widodo tidak ke rumahnya. Akibat tembok itu, Widodo pun sulit keluar-masuk rumah.

"Masalah sepele itu sudah pernah diselesaikan lewat pemdes hingga berujung ke pengadilan," terang Suroso. Sesuai putusan pengadilan 3 bulan lalu, kasus pagar ini dimenangkan oleh keluarga Widodo.

Tembok setinggi satu meter yang dibangun pasutri Mistun dan Edy itu harus dirobohkan.

Suroso menambahkan pihaknya juga akan mengirim surat ke Mistun untuk melakukan pembongkaran. Jika tidak digubris, pihaknya akan melakukan pembongkaran paksa dan didampingi polisi.

Nasib serupa dialami sejumlah warga yang terisolasi akibat 'tertutup' tembok tinggi.

Berikut 4 kisah lainnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3