Rektor USU Prof Runtung Sitepu Sembuh dari Corona

Antara - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 02:33 WIB
Rektor USU Runtung Sitepu (dok. Istimewa)
Foto: Rektor USU Runtung Sitepu (dok. Istimewa)
Jakarta -

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Runtung Sitepu dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19). Sembuhnya Runtung setelah hasil dua kali tes swab menunjukkan negatif Corona.

"Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, hari ini diketahui negatif COVID-19 setelah dilakukan tes usap yang kedua pada Jumat ini, dan tes usap pertama pada Selasa (14/7) hasilnya juga negatif COVID-19," jelas Runtung Sitepu, seperti dilansir Antara, Sabtu (25/7/2020).

Runtung Sitepu menyebut dirinya menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, sejak dinyatakan positif Corona pada Jumat (10/7). Setelah dinyatakan negatif Corona pada pemeriksaan swab yang kedua kalinya, maka ia sudah bisa mengakhiri masa isolasi mandiri terhitung sejak Sabtu (25/7).

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu, saudara/sahabat sekalian. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas dengan rezeki yang berlipat ganda," ucap Runtung.

Direktur Utama Rumah Sakit (RS) USU dr Syah Mirsya Warli sebelumnya memberitahukan terkait pelacakan terhadap kontak dengan salah seorang anggota MWA dan Ibu Wakil Rektor I USU yang terkonfirmasi positif Corona.

Ia menyebutkan dengan ini atas izin rektor, disampaikan hasil uji swab Rektor USU positif Corona dengan kondisi baik dan tidak ada gejala.

"Saat ini beliau melakukan isolasi mandiri. Untuk memutus mata rantai penularan kami harapkan Bapak dan Ibu yang ada kontak erat dengan beliau dalam 14 hari terakhir agar melakukan uji usap di RS USU atau tempat uji usap RT PCR lainnya di Sumatera Utara," kata Syah Mirsya.

Seperti diketahui, Runtung Sitepu dan Wakil Rektor I Rosmayati Tanjung positif Corona berdasarkan hasil swab. Mereka melakukan isolasi mandiri.

"Pak Rektor dan Ibu Wakil Rektor I, berdasarkan hasil swab, benar positif. Alhamdulillah kondisi keduanya baik-baik saja dan masih sehat (orang tanpa gejala)," kata Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (12/7).

(rfs/rfs)