Sejumlah Dosen Positif COVID-19, Kampus USU Lockdown Lagi Pekan Depan

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 15:50 WIB
Rektor USU Runtung Sitepu (dok. Istimewa)
Rektor USU Runtung Sitepu (Foto: dok. Istimewa)
Medan -

Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) bakal kembali ditutup alias lockdown lagi setelah sejumlah dosen positif terpapar virus Corona atau COVID-19. Penutupan kampus ini bakal dilakukan selama satu minggu.

"Ada beberapa dosen kita yang sudah dinyatakan positif, bahkan kemarin sore ada yang meninggal dunia, dosen Teknik Industri FT USU. Jadi, sesuai saran atau masukan dari Senat Akademik dan MWA, USU kita lockdown selama seminggu," kata Rektor USU Prof Runtung Sitepu saat dimintai konfirmasi, Jumat (24/7/2020).

Kampus bakal ditutup mulai Senin (27/7) hingga Minggu (2/8) dan para pegawai bakal bekerja dari rumah lagi. Runtung mengatakan pihaknya bakal melakukan penyemprotan disinfektan di kampus.

"Kampus kita semprot semua," ucapnya.

Sebelumnya, area kampus USU juga sempat ditutup alias di-lockdown sementara sejak Selasa (24/3) hingga Selasa (7/4). Prof Runtung sendiri sempat dinyatakan positif COVID-19.

"Pak Rektor dan Ibu Wakil Rektor I, berdasarkan hasil swab, benar positif. Alhamdulillah kondisi keduanya baik-baik saja dan masih sehat (orang tanpa gejala)," kata Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (12/7).

Runtung diketahui sempat bertemu dengan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan serta mengecek pelaksanaan UTBK sebelum dinyatakan positif COVID-19. Ashari pun telah mengikuti tes swab dan dinyatakan negatif COVID-19.

Tonton video 'Di Balik Alasan Pemerintah Tak Lagi Update Kasus Harian COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)