Wali Kota Pariaman Apresiasi Mendes yang Mampu Pangkas Birokrasi

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 20:44 WIB
Kemendes
Foto: dok Kemendes
Jakarta -

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengapresiasi tindakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar yang datang langsung ke daerahnya untuk mengukuhkan Pendamping Desa Berdikari.

Genius mengungkapkan, pada awalnya ia meminta kepada Abdul Halim agar bersedia mengukuhkan puluhan Pendamping Desa Berdikari secara virtual saja (jarak yang jauh) dengan alasan pandemi yang sedang terjadi.

"Tapi Gus Menteri (Abdul Halim) bilang, saya datang saja. Saya kira hanya sekarang ini ada pejabat yang begini," ungkap Genius, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/7/2020).

Hal itu ia sampaikan hari ini, pada acara pengukuhan Pendamping Desa Berdikari di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Genius mengaku kagum dengan Abdul Halim yang berani memangkas birokrasi sehingga komunikasi antara pemerintah pusat dengan daerah lebih efektif dan efisien.

"Gus Menteri mampu memangkas birokrasi, dan tidak ada batas dengan rakyatnya," imbuh Genius.

Genius mengatakan manfaat dari penyederhanaan birokrasi itu adalah program pemerintah pusat dapat lebih cepat sampai ke daerah. Serta sebaliknya, aspirasi daerah utamanya masyarakat desa dapat didengar langsung oleh pejabat yang berwenang.

"Program dari pusat langsung turun ke daerah, dan aspirasi dari daerah langsung sampai kepada Menteri," pungkasnya.

(ega/ega)