Rp 200 Juta di Mobil yang Dibobol di Kemang untuk Bangun Pesantren

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 15:23 WIB
Mobil pengusaha dibobol di Kemang Selatan
Mobil Toyota Fortuner milik pengusaha yang dibobol di Kemang Selatan (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi menyebutkan adanya kerugian uang senilai Rp 200 juta dalam kasus mobil dibobol maling di Kemang Selatan, Pasar Minggu, Jaksel. Korban, Zen Zanuar, menyebut uang itu milik rekannya Habib Afif untuk membangun pesantren.

"Iya, banyak hilang dia uangnya. Kalau menurut Habib Afif, itu sekitar Rp 550 juta berikut cek 200 juta, cek kontan itu. Uang itu juga kan buat bangun pesantren yang di Banten. Tiga lantai (bangunan pesantrennya), Pak," kata Zen Zanuar ketika dihubungi detikcom, Jumat (24/7/2020).

Zen mengatakan Habib Afif merupakan tokoh agama di Banten. Dia juga merupakan sosok pimpinan salah satu pondok pesantren yang ada di Banten.

"Iya, Habib Afif kan pimpinan pondok pesantren ya yang ada di Banten. Dia sekarang lagi bangun pesantren lagi di Banten," terang Zen Zanuar.

Dia menceritakan, sebelum dirinya menjemput Habib Afif di daerah Cilandak, Zen Zanuar mengatakan Habib Afif tengah melaksanakan pertemuan dengan rekan-rekannya di Bank BRI pusat di daerah Semanggi.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono mengatakan korban telah membuat laporan. Dia menyebut, dalam kasus pencurian dengan modus pecah kaca ini, korban melaporkan sejumlah kerugiannya.

"Kerugian: tas merek Gucci, uang tunai Rp 200 juta, dan sejumlah cek dari beberapa bank, HP iPhone, Samsung S7, pulpen emas, KTP, SIM A, kartu NPWP, paspor, kartu kredit dan kartu ATM, surat kontrak kerja, dokumen CV, kartu anggota ormas," kata Budi kepada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Seperti diketahui, mobil yang dikendarai oleh pengusaha Zen Zanuar dan Habib Afif jadi korban pencurian di Jalan Kemang Selatan Raya, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, pada Rabu (22/7) sekitar pukul 18.30 WIB. Saat kejadian, keduanya tengah makan di warung sate yang berada di seberang lokasi kejadian.

Atas kejadian tersebut, sejumlah uang dan barang berharga milik keduanya raib digondol pelaku. Untuk Zen Zanuar sendiri, dia mengatakan dua lembar cek senilai Rp 41,2 miliar dan Rp 736 juta digondol pelaku.

Kini keduanya telah melaporkan perkara tersebut ke Polres Metro Jakarta Selatan. Polisi hingga kini terus melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

Tonton video 'Detik-detik Pembobolan Mobil Berisi Cek Rp 43 M di Kemang':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)